Efek Samping Vaksin Sinovac? Ini Pengakuan Relawan Vaksin

112

Setidaknya enam belas relawan vaksin kembali diambil darah dan dicek kondisi tubuhnya, rabu pagi. Salah satu relawan pun mengungkapkan, setelah penyuntikan entah vaksin atau plasebo yang didapatnya, dirinya hanya merasakan sedikit efek samping.

Uji klinis tahap ketiga vaksin sinovac yang rencananya akan dibuat oleh Bio Farma, masuh terus berlangsung. Rabu pagi pun, setidaknya enam belas relawan kembali diambil darahnya dan dicek fisiknya untuk mengetahui kondisi tubuhnya. Salah satu relawan, Ali menyatakan, di dalam klinik kesehatan Unpad tersebut dirinya diperiksa secara fisik, mulai dari pernapasan, tensi darah, hingga berat badan, setelah itu diambil darah. Ini adalah yang kedua kalinya cek darah dilakukan. Ali yang berprofesi sebagai wiraswasta pun mengungkapkan, setelah disuntik entah vaksin atau plasebo yang pertama, dirinya tidak merasakan efek samping apapun. Pada penyuntikan kedua, dirinya merasa ngantuk di hari pertama, suhu badan naik di hari kedua, pegal-pegal di hari ketiga, dan kesemutan di hari keempat. Tapi, setelah itu dirinya tidak merasakan efek samping apapun.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menyatakan, setelah dua kali disuntik vaksin, dirinya justru merasa lebih sehat.

Ali pun menyatakan, tak ada kekhwatiran dalam dirinya terkait efek samping vaksin tersebut. Dirinya pun menjadi relawan karena ingin mendapatkan informasi yang lebih akurat, dan tahu apa yang dihadapinya.

Budi Hartati, Bandung Tv.

Baca Juga :   Ka Disdik Jabar Anyar Menuai Sorotan Tajam