Firli : Ikhlas Beramal Orang Depag Tidak Menerima Yang Bukan Haknya

87

BISNIS BANDUNG – Ketua KPK Firli Bahuri menyebut, lambang Kementerian Agama adalah Ikhlas Beramal. Untuk itu, seharusnya orang yang bekerja di dalamnya tidak berharap untuk mendapatkan sesuatu atau menerima sesuatu yang bukan haknya apalagi dengan cara yang tidak sesuai ketentuan undang-undang.

Hal itu dikemukakan Firli, saat KPK menerima kunjungan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta jajarannya, pertemuan itu dilakukan terkait upaya pencegahan korupsi di lingkungan Kemenag. Rombongan yang diterima Ketua KPK Firli Bahuri yang didampingi oleh Wakil Ketua Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Nawawi Pomolango beserta jajaran di Kedeputian Pencegahan dan Monitoring, itu tiba di Gedung Merah Putih pada Rabu, baru-baru ini, dalam cuitan Twitter @KPK-RI, .

Dalam Audiensi rapat koordinasi yang dipimpin Ketua KPK Firli Bahuri tersebut, Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan selain bertujuan untuk upaya pencegahan tindakan rasuah.

“Kami tentu berharap ini bisa ditindaklanjuti secara lebih teknis lagi. Saya ingat dan akan selalu ingat pesan Presiden Jokowi ketika memanggil saya untuk diberikan tugas sebagai Menteri Agama. Presiden menekankan pertama yang harus ditata adalah tata kelola birokrasi di Kementerian Agama,” ujar Menteri Yaqut Cholil Qoumas yang didampingi oleh Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen Pendis Ali Ramdhani, Plt Dirjen PHU Oman Fathurahman, Irjen Deni Suardini dan Stafsus Menag Abdul Rochman.

Dalam kesempatan itu Yaqut Cholil Qoumas mengaku bahwa Presiden Jokowi telah meminta kepada pihak Kemenag untuk menutup semua kebocoran anggaran yang terjadi di Kemenag.

KPK mengingatkan agar Kemenag menelaah kembali dan membuat perbaikan beberapa kerentanan yang telah diidentifikasi berdasarkan kajian sistem yang disampaikan KPK, untuk mencegah tindak pidana korupsi terjadi lagi di lingkungan Kemenag ke depannya, KPK mencontohkan, pengadaan barang dan jasa tersentralisasi seperti dalam kasus pengadaan laboratorium dan pengadaan Alquran dapat menjadi pembelajaran dan perlu dievaluasi. KPK mencatat kerawanannya dalam proses dari perencanaan, penganggaran hingga pelaksanaannya.

Baca Juga :   Eko : Perppu No 1 2020 Bentuk Trauma Kasus Bank Century

ASN Depag Paling banyak korupsi?

Ketua KPK Firli Bahuri sempat menyinggung tentang kerapnya kasus korupsi yang terjadi di lingkungan Kemenag.

Padahal menurut Firli Bahuri, dengan lambang Ikhlas Beramal, pihak yang bekerja di dalam Kementerian Agama seharusnya tidak mengharapkan untuk mendapat sesuatu kecuali haknya, apalagi sampai melakukan tindakan korupsi yang jelas-jelas melanggar ketentuan undang-undang. Dibanding dengan Kementerian lain, Kemenag memang yang paling riskan terjadi kasus rasuah, Indonesia Corruption Watch atau ICW pernah mengungkapkan data tentang jumlah PNS di kementerian yang paling banyak yang diduga terlibat korupsi.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron berharap Kemenag menjadi platform kementerian yang bisa dijadikan contoh dalam penanganan dan pencegahan korupsi. “Jadi, kami berharap Kemenag mampu menjadi teladan bagi kementerian lainnya,” ujar Nurul. (B-003) ***