Gerhana Matahari Cincin Sebagian Terlihat Di Lembang

13

Ratusan warga yang penasaran dengan fenomena matahari cincin, rela antre sejak pagi hari,di pengamatan terbuka yang di gelar oleh observatorium bosscha dan imah noong, di lapang sinapeul, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Warga mengaku takjub,dengan fenomena alam tersebut.

Ratusan warga yang penasaran dengan fenomena matahari cincin, rela antri dari pagi hari, dilapang sinapeul, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Pengamatan terbuka fenomena gerhana matahari cincin tersebut, diselanggarakan oleh observatorium bosscha dan imah noong.

Gerhana matahari cincin, mulai terlihat dari pukul 10 lewat 45 wib, sampai dengan puncaknya dilembang terjadi pukul 12lewat 34 wib. Di Lembang fenomena gerhata matahari cincin,hanya tertutup 69 persen saja, jadi dinamakan gerhana matahari sebagian.

Observatorium bosscha dan imah noong,menyediakan sebanyak 4 teleskop, satu venescop serta menyediakan 100 kaca mata khusus gerhana matahari untuk dipinjamkan kepada warga, yang ingin melihat fenomena tersebut.

Staf Edukasi Boscca – M Rezky mengatakan, dilembang gerhana matahari tertutup awan tebal,sehingga disebut gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari cincin terlihat jelas di wilayah Pangkal Pinang, Riau.