Harga Bawang Putih Melonjak, Tim Satgas Pangan Gelar Operasi Pasar

10

Melonjaknya harga bawang putih, membuat Tim SATGAS pangan JABAR menggelar operasi pasar di pasar Kosambi Bandung, pagi tadi. Bawang putih yang dijual seharga 28 ribu rupiah perkilogram tersebut pun langsung diserbu pedagang maupun pembeli di kawasan pasar tradisional tersebut.

Setidaknya delapan ton bawang putih dijual murah seharga 28 ribu rupiah perkilogram, dalam operasi pasar yang digelar Tim SATGAS pangan JABAR, di Kosambi Bandung, senin pagi. Sesaat setelah truk container yang membawa bawang putih tersebut dibuka, pedagang maupun warga yang sedang berbelanja, langsung menyerbu operasi pasar tersebut. Salah satunya ipah. dirinya pun berharap, pemerintah segera menurunkan harga bawang putih di pasaran.

Hal serupa dinyatakan maria. warga Antapani ini menyatakan, sebelum operasi pasar ini dirinya sempat membeli bawang putih seharga 80 ribu rupiah perilogram. Dirinya pun merasa sangat terbantu dengan operasi pasar ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat  M.Arifin Soendjayana menyatakan,operasi pasar ini dilakukan bekerjasama dengan SATGAS pangan JABAR dan kota bandung, karena tingginya harga bawang putih hingga mencapai 50 ribu rupiah perkilogram. Operasi pasar ini dilakukan agar harga segera turun, karena stok bawang putih masih cukup hingga awal maret. Dirinya pun berharap, dengan operasi pasar ini, harga bawang putih turun hingga mencapai 32 ribu rupiah perkilogram. Pembeli pun diperbolehkan membeli di operasi pasar tersebut, sebagai shock terapi bagi pedagang agar mengeluarkan barang mereka yang lama.

Arifin menambahkan, ada kepanikan saat virus corona atau covid19 mewabah, sehingga ada oknum yang menaikkan harga bawang putih. Padahal sampai saat ini impor bawang putih dari china masih diperbolehkan.

Budi Hartati, Bandung Tv.