Hobi Sejak Kecil, Kolektor Uang Kuno Bernilai Fantastis

45

Seorang bapak di Kabupaten Cianjur, memiliki hobby unik yakni mengkoleksi uang kuno dari berbagai negara, yang semakin lama semakin berharga. Baginya, mengkoleksi uang kuno menjadi kepuasan tersendiri, karena nilai sejarah dari mata uang teresebut.

Sebagian dari anda mungkin pernah melihat atau bahkan pernah menggunakan beberapa pecahan uang tersebut di masa lalu. Ya, inilah koleksi uang kuno, milik Endang Sunarya, asal Kampung Warungjambe, Kelurahan Sayang, Kabupaten Cianjur, memang mempunyai hobby mengkoleksi uang kuno dari berbagai negara. Bahkan, uang kuno koleksinya ada yang berumur hingga ratusan tahun. semakin lama pecahan uang tersebut memang semakin berharga, terelbih bagi para kolektor uang kuno. Pada masanya uang-uang tersebut bernilai setara dengan nominalnya, namun saat ini, nilai uang kuno mungkin bisa lebih tinggi hingga bernilai fantastis. Bahkan baru- baru ini, media sosial dihebohkan dengan pemberitaan uang pecahan seribu rupiah, bergambar kelapa sawit yang dijual hingga ratusan juta rupiah. Namun kabar tersebut dinilai tidak benar oleh sejumlah pihak, bahkan pihak Bank Indonesia mengatakan bahwa uang logam cetakan tahun 90an tersebut, masih berlaku sebagai mata uang rupiah. Sementara bagi Endang, nilai dari uang koleksinya tersebut bukan dilihat dari besaran nilai, melainkan tentang nilai sejarah yang menjadi kepuasan tersendiri. Tak melihat berapa harga jualnya, ketika ia tertarik untuk mengkoleksi jenis mata uang kuno, ia pun akan berusaha mencari dan mendapatkannya dari sesama kolektor.

Saat ini beragam jenis mata uang dan pecahannya, Endang kumpulkan sejak masih duduk di bangku sekolah. Tidak hanya yang berusia ratusan tahun, bahkan beberapa mata uang koin terbuat dari logam perak dan emas. Untuk satu koin berlogam emas saja ia membelinya dari seorang kolektor senilai satu setengah juta rupiah. Hingga kini endang masih sangat tertarik mencari dan mengkoleksi uang kuno, dengan saling berbagi informasi antar sesama kolektor uang kuno. Meski ia terbuka jika ada yang tertarik dengan koleksinya tersebut, namun itu bukan menjadi bisnis semata, melainkan hanya berbagi kepuasan dengan kolektor lainnya.

Baca Juga :    MONSTER ROAD SERI I 2020 BERGAUNG DI KOTA BANJAR

Heri Setiawan , Bandung Tv .,