Hut RI, Muspika Gelar Upacara Di Gunung Padang

169

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan upacara hut r-i kali ini, di kabupaten cianjur.  jajaran muspika campaka dan tni polri beserta masyarakat setempat, menggelar upacara bendera di lokasi situs megalitikum gunung padang. selain mengenang perjuangan para pahlawan, juga untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke situs megalit gunung padang.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia yang ke-73, muspika dan tni polri menggelar upacara bendera di lokasi situs megalitikum gunung padang, di desa karya mukti, kecamatan campaka, kabupaten cianjur,  jumat pagi. tidak hanya aparatur pemerintahan, upacara ini juga melibatkan ratusan pelajar, guru, dan masyarakat setempat.

Gunung padang merupakan salah satu situs tertua di dunia setelah piramida mesir, peninggalan nenek moyang serta para pejuang zaman dahulu, yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya. nilai perjuangan dapat diterapkan dalam kegiatan tersebut, karena peserta upacara harus bersusah payah untuk sampai ke lokasi upacara di teras punden berundak gunung padang ini.

Situs ini merupakan karya pendahulu yang perlu dijaga. selain itu, para pelajar perlu diedukasi terkait sejarah ataupun nilai lain yang terkandung dalam situs ini. menurut camat campaka, kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk promosi keberadaan situs tertua di dunia, yaitu untuk lebih mengenalkan situs megalitikum gunung padang pada peserta upacara, yang didominasi pelajar dan masyarakat umum.

Pihaknya berharap, kegiatan tersebut dapat mempromosikan wisata gunung padang sampai ke mancanegara, karena gunung padang banyak menyimpan sejarah.

Heri setiawan, bandung tv.