IA ITB Dukung Upaya Pemkot Bandung Wujudkan Ketahanan Pangan

18
IA ITB Dukung Upaya Pemkot Bandung Wujudkan Ketahanan Pangan

Gembong Primadjaja, Ketua Pengurus Pusat IA ITB mengutarakan dukungan terhadap upaya Walikota Bandung, Oded M Danial dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kota Bandung. Hal ini terungkap dalam diskusi jelang Buka Bersama Walikota Bandung bersama alumni ITB di Warung Sate Maranggi  dan Sop Hj Maya Pasteur, Minggu (26/4).

Oded mengatakan bahwa upaya menjaga ketahanan pangan di Kota Bandung bisa dilakukan dengan memastikan pasokan pangan dari daerah terjamin. Untuk itu, Pemkot Bandung membutuhkan kolaborasi berbagai elemen.

“Perlu ada upaya yang menjembatani pasokan pangan di daerah ke Kota Bandung” Ujar Oded. Oded juga menambahkan bahwa Kota Bandung dapat menawarkan bahan pakan untuk ternak. “Dengan teknologi saat ini, pakan ternak bisa berasal dari hasil pengolahan sampah organik di perkotaan”. Ujarnya lagi.

Ketua IA ITB Periode 2021-2025, Gembong Primadjaja menyambut baik ajakan Walikot bandung untuk melakukan kolaborasi. “IA ITB akan berperan dalam mendorong ide Walikota Bandung sebagai sumbangsih alumni ITB bagi Kota Bandung” ujar Gembong. Alumni Mesin angkatan 1986 ini juga mengatakan akan menindaklanjuti dengan membentuk tim khusus guna mengawal realisasi hal tersebut.

Teknologi untuk Pangan

Gembong menambahkan bahwa saat ini, banyak alumni ITB yang sudah berkecimpung dalam bidang pangan dari mulai hulu hingga hilir. Beberapa alumni ITB sudah mengembangkan pakan ternak dari budidaya jangkrik, cacing, hingga Maggot BSF memanfaatkan sampah. Selain itu, ada juga alumni ITB yang mengembangkan precision farming menggunakan IOT (Internet of Things).

Kegiatan Buka Bersama sekaligus Silaturahmi Walikota dengan Alumni ITB digagas oleh kepengurusan yang baru terpilih dalam Kongres Nasional X IA ITB tanggal 16-17 April 2021. Hadir juga dalam pertemuan tersebut Kepala Bapelitbang Kota Bandung, Ketua IA ITB Pengurus Daerah Jawa Barat, jajaran ASN Kota Bandung serta alumni ITB yang berdomisili di Kota Bandung.