Indonesia Menjadi Destinasi Produksi Film Internasional?

24

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, membangun kemitraan bersama Netflix untuk memajukan film Indonesia di kancah Internasional. Nadiem berharap kerjasama itu nantinya menjadikan Indonesia destinasi produksi syuting film Internasional.

“Harapan kami di Kemendikbud agar Indonesia jadi tempat syuting paling laku di dunia,” ujar Nadiem di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (9/1).

Nadiem mencontohkan salah satu film hollywood yaitu Eat, Pray, Love yang mengambil syuting di Bali. Film yang dirilis dan dibintangi aktris Julia Roberts ini menurut Nadiem berdampak banyak bagi Indonesia, salah satunya ekonomi.

“Dan terus terang karena banyak film hollywood syuting di sini seperti Eat, Pray, Love dampaknya luar biasa itu kepada turis kita, juga dampak ekonominya sangat besar. Sekali lagi udah waktunya kita tampil di panggung dunia,” kata Nadiem.

Menurut Nadiem, kerjasama dengan Netflix ini Indonesia bisa dengan cepat mendistribusikan budaya-budaya yang ada, dan juga talenta-talenta dari para sineas Indonesia melalui kemitraan ini.

“Kalau kita mau menunjukkan dan memamerkan budaya kita atau talenta-talenta kita enggak ada cara yang lebih cepat selain melalui dunia perfilman,” ujar Nadiem.

Nadiem juga mengatakan, salah satu visi presiden dalam membangun program sumber daya manusia (SDM) yang unggul yaitu bukan hanya menjadi kompetitor di negara sendiri, namun juga harus berani bersaing dengan negara luar.

“Jadi semakin banyak tokoh-tokoh yang main di panggung dunia ini untuk menginspirasi mereka memacu kita untuk maju. Itulah kira-kira visinya. Fokus di SDM, distribusi dan dan tampil di panggung dunia,” tutupnya. [C-003/gil]***