Inilah Lima Aset Penting untuk Anda

462

ASET dan utang adalah dua hal penting dalam perencanaan keuangan. Para perencana keuangan pun selalu menganjurkan kepada kita untuk mengumpulkan lebih banyak aset, ketimbang menumpuk utang. Jika terpaksa harus berutang, tentu saja, ada hitungan tersendiri supaya keuangan kita selalu sehat.

Soal aset, akan lebih menguntungkan bila aset itu bersifat produktif. Artinya, aset tersebut bisa mendatangkan penghasilan. Bukan malah aset Anda terus menggerus penghasilan, bahkan tabungan yang Anda miliki.

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih aset. Sebagai pertimbangan, pilihlah aset yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.  Berikut ini adalah pilihan lima aset penting yang bisa Anda miliki.

  1. Properti

Sejauh ini, rumah dan apartemen menjadi properti favorit yang dimiliki banyak orang. Sebab, sejauh ini, properti selalu mengalami kenaikan harga. Tentu saja, lokasi menjadi pertimbangan penting jika Anda memilih aset jenis ini.  Selain menikmati imbal hasil dari kenaikan harga, Anda juga bisa menyewakan rumah atau apartemen untuk mendapatkan penghasilan rutin tambahan.

  1. Bitcoin dan Caviar

Teknologi yang semakin canggih membuat Anda memiliki banyak pilihan dalam menentukan aset. Salah satunya adalah aset digital. Aset digital yang bisa menambah pundi-pundi kekayaan Anda, seperti bitcoin dan caviar.

Bitcoin merupakan mata uang elektronik atau biasa disebut mata uang kripto. Bitcoin sendiri memiliki nilai yang tidak terduga, saat transaksi sedang tinggi, nilai bitcoin ikut naik. Namun, suatu saat nilainya bisa anjlok saat terjadi penjualan besar-besaran. Sayangnya, bitcoin tidak dilindungi oleh otoritas keuangan di Indonesia.

Sementara itu, caviar merupakan kombinasi antara aset crypto dan penghasilan pendapatan yang cukup stabil. Caviar yang sudah dibeli nantinya akan dijual ke Amerika Serikat demi mendapat keuntungan besar yang jumlahnya mencapai ribuan bahkan jutaan dolar. Berbeda dengan bitcoin, risiko investasi caviar lebih kecil dibandingkan bitcoin.

  1. Saham dan Reksadana

Dua aset ini juga menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Boleh jadi, Anda sudah mengoleksi saham atau produk reksadana. Apalagi, saat ini, investasi saham dan reksadana semakin mudah.

Saham misalnya. Anda bisa memulai transaksinya dengan modal yang terjangkau. Selain itu, transaksi juga bisa dilakukan secara online. Seperti reksadana, Anda cukup mengunduh aplikasi di smartphone, Anda dapat membeli, memantau, hingga menjual saham yang dimiliki.

  1. Kesehatan

Sadar atau tidak, sebenarnya kesehatan menjadi aset yang paling berharga. Bayangkan saja jika tidak memiliki tubuh yang sehat, tentu kesempatan untuk mengumpulkan aset lainnya juga tidak akan Anda miliki.

Pola hidup sehat dan menjauhi stres menjadi kunci penting untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat. Dengan badan yang bugar dan jiwa yang senang, hidup Anda akan penuh dengan semangat. Tentu saja, terbersit pula semangat untuk mengumpulkan aset lebih banyak lagi.

  1. Asuransi

Nah, aset ini tak kalah penting. Sebab, asuransi bisa memberikan ketenangan dalam hidup kita. Jika tak terlindung oleh asuransi, aset-aset yang telah kita kumpulkan bisa hilang dalam sekejap.

Alhasil, asuransi menjadi aset penting terakhir yang wajib Anda miliki. Asuransi akan memberikan perlindungan jika hal-hal yang tak diinginkan menimpa Anda. Salah satunya, Sun Medical Platinum. Produk ini memberi manfaat terutama jika Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk berobat. Dengan memiliki Sun Medical Platinum, Anda pun bisa fokus pada proses penyembuhan, tanpa perlu memikirkan biaya berobat.

Tak hanya itu, Sun Medical Platinum juga mempunyai dukungan jaringan rumah sakit rekanan di seluruh dunia, serta evakuasi medis baik domestik dan internasional selama 24 jam penuh, membuat Anda tenang saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Perlindungan akan diberikan kepada pemegang polis hingga usia 88 tahun. Penggantian biaya perawatan dibayarkan sesuai tagihan sampai dengan Rp 7,5 miliar, termasuk perawatan berbiaya besar, seperti ICU, operasi, cuci darah, dan perawatan kanker.

Sun Medical Platinum juga merupakan asuransi pertama di Indonesia yang memberikan perawatan untuk efek samping kemoterapi dan terapi pendukung untuk efek samping kemoterapi dan terapi pendukung untuk pemulihan, seperti terapi wicara, serta terapi okupasi. (C-003)***