Inovasi Bumdes Mudahkan Pelayanan

7
Inovasi Bumdes Mudahkan Pelayanan

BISNIS BANDUNG– Desa Situraja Utara di kabupaten Sumedang, merupakan desa yang terbilang maju. Berada di Kecamatan Situraja ┬ábisa terlihat dari kekompakan semua aparatur pemerintahan desanya.

Hal tersebut di ungkapkan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir pada saat melakukan Launching Aplikasi Bumdes Sugih Mukti di Desa Situraja Utara, Selasa (17/11/2020).

Dikatakan Bupati, dilihat dari sisi indeks membangunnya Desa Situraja Utara masuk kepada Desa Mandiri, artinya beranjak dari kategori Maju ke Mandiri.

“Desa ini juga telah melakukan berbagai macam inovasi dan masuk 10 besar tingkat nasional. Berarti desa ini sangat mencirikan desa yang sangat maju di bidang ekonomi, kesehatan, dan lainnya,” ujar Dony.

Dony mengatakan, di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, Desa Situraja Utara mampu mengatasinya dengan mempunyai Bumdes yang sangat adaptif dengan kondisi pandemik.

“Bumdes Sugih Mukti ini sangat maju karena mempunyai aplikasi yang memudahkan orang untuk mendapatkan barang dan jasa juga mempermudah aktivitas masyarakat melalui online,” ujarnya.

Dikatakan Dony, Bumdes Sugih Mukti sudah mempunyai omset sekitar Rp. 300 juta dan keuntungan Rp. 5 juta per bulan.

“Inovasi Bumdes ini ialah dengan menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat desa,yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Jadi semuanya nyambung,” ungkapnya.

Selain berinovasi dalam aplikasi Bumdes, Desa Situraja Utara mempunyai keunggulan lainnya yakni mampu memberikan insentif kepada LPM dan PKK melalui kerja sama dengan pihak Bank.

“Yang biasanya mendapat insentif itu BPD, RT dan RW, namun desa ini juga memberikan insentif kepada LPM dan PKK,” ucapnya.

Terobosan lainnya, lanjut Dony, adalah insentif perangkat desa yang biasanya dirapelkan pembagiannya tiga bulan sekali, Desa Situraja Utara berinisiatif menyegerakan kebutuhan aparatnya tersebut per bulan serta bisa langsung masuk di ATM nya.

“Karena Peraturan Bupati juga mengarahkan setidaknya desa membantu perangkat RT dan RW-nya.
Ini merupakan terobosan dan langsung bekerja sama dengan perbankan,” ujar nya.

Dony mengatakan, pemerintah berkewajiban memberikan ‘reward’ bagi desa yang berprestasi. Oleh karena itu, Ia akan memberikan penghargaan bagi Desa Situraja Utara.

“Tahun depan kami akan berikan Mobil Maskara untuk Desa Situraja Utara serta bantuan keuangan desa (Bankudes),” tutup nya.(E010)

Pada kesempatan itu, Bupati mencoba mengakses aplikasi Bumdes Sugih Mukti dan langsung melakukan transaksi pembelian secara online.(E-010)***