Jabar Bersyukur  BENDERA HIJAU BERKIBAR  DI SUKABUMI

153

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menyatakan, menghentikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jawa Barat, kecuali Bogor, Depok, dan Bekasi.  Penghentian PSBB hampir di seluruh Jabar itu, menurut Kang Emil, karena selama satu minggu ini, reproduksi Covid-19 berada di bawah satu. Namun Gubernur mengingatkan, masyarakat harus tetap waspada.

Warga Jabar patut bersyukur selain PSBB di sebagian besar wilayah Jabar dihentikan, juga Sukabumi dinyatakan sebagai daerah yang bebas Covid-19. Warga Sukabumi yang pernah dikejutkan dengan terpaparnya 300 orang calon anggota POLRI yang dilatih di Sukabumi, kini daerah itu dapat mengibarkan bendera hijau, karena satu-satunya kota yang masuk zona hijau. Kota dan kabupaten lain baru masuk zona biru.

Pengentian PSBB di Jabar merupakan titik awal masuknya Jabar ke masa normal baru. Meskipun demikian, warga Jabar harus tetap disiplin sesuai dengan protokol kesehatan. Dalam era normal baru, kita harus menerapkan gaya hidup baru pula. Pada era normal lama, warga dapat melakukan apa saja sesuai kemauannya, pada era baru ini, norma baru harus menjadi pedoman gerak langkah sehari-hari.

Ternyata disiplin melaksanakan protocol kesehatan yang sebenarnya amat sederhana itu, pandemic Covid-19 “keok”. Hanya dengan menjaga jarak, tidak berkerumun lebih dari 50 orang, menggunakan masker ketika berada di luar rumah, Covid-19 yang ganas itu, kehilangan daya sebarnya. Sekaang pun, ketika Jabar dinyatakan lepas dari belenggu PSBB, warga Jabar tidak perlu menyambutnya dengan euphoria berlebihan. Cukup bersyukur, berdoa agar pandemi Coviod-19 benar-benar musnah dari muka bumi, dan berpegang teguh pasda protokol kesehatan sampai ada pernyataan resmi pemerintah.

Jangan lupa pula kita berdoa. Semoga para tenaga medis yang bekerja keras, mengorbankan waktu, keluarga, bahkan banyak yang sampai gugur dalam pengabdiannya, mendapat ganjaran terbaik dari Tuhan yang Mahaesa. Kita beerharap Allah SWT segera memulihkan kita semua  ke kehidupan normal, aman, nyam,an, dan sehat sejahtera. Aamiin. ***