Jabar Perlu Kelola Event Bernilai Potensi Wisata

10

BISNIS BANDUNG –  DPRD Jabar mengapresiasi event West Java Calendar of Event (CoE) and Festival 2020 yang dilaunching Gubernur Jawa Barat,  Ridwan Kamil di sebuah hotel Kota  Bandung, Rabu (22/1/2020). Event  ini  sangat positif  terhadap pengembangan  pariwisata yang multidimensi.

Ketua Komisi I  DPRD  Jabar, Bedi Budiman   mengungkapkan peran pariwisata dalam perekonomian negara sangat strategis. Jika  CoE ini dikelola dengan baik, maka  akan meningkatkan  pendapatan asli daerah (PAD) Jabar.

Saat ini, ada 168 event   di Jabar yang dapat dikembangkan terus. Di samping itu, sektor penjualan, hotel, dapat dimanfaatkan pariwisata dan seni budaya  yang juga turut terdorong sekaligus menguatkan daya tarik  datang ke Jawa Barat.

“Kami mendorong  adanya koordinasi lintas bidang. Berkoordinasi dengan pemerintah desa misalnya. Di manapun lokasinya dapat dijadikan lokasi wisata, selama pemerintah desa dan pihak terkait dapat bersinergi,” katanya.

Baca juga: GSREK Indonesia West Java Chapter; Wujudkan Manfaat Untuk Masyarakat

Ketua Komisi III DPRD Jabar, Cucu Sugyati mengatakan, event  tersebut seiring dengan potensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Barat. Antara lain  bisa dikembangkan khususnya bidang BUMD  berkolaborasi dengan yang lainnya.

“Kami mensupport potensi kekayaan alam yang dapat menarik para wisatawan. Bahkan, wisatawan yang datang ke Jabar bisa di atas 50 ribu,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat  Jabar,  Ridwan Kamil mengatakan pariwisata berperan dalam meningkatkan pendapatan negara, devisa, dan lapangan kerja. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pengelolaan even  bernilai potensi wisata, termasuk dalam West Java Calendar of Event (CoE) and Festival 2020.

CoE 2020 ini merupakan rangkuman event  terbaik di Jabar yang diharapkan memenuhi standar 3C, yakni Creative Value (nilai kreativitas), Commercial Value (nilai komersil), serta CEO Commitment (komitmen kepala daerah dalam mengembangkan pariwisata daerahnya).

Adapun total event  yang dilaksanakan pada 2020 berjumlah 167 event, terdiri dari 107 event kebudayaan, enam event  musik, 23 event  olahraga, lima event  fashion, 10 event  kuliner, serta 17 event ekshibisi.

“Orang itu berwisata ke Jawa Barat ada yang ingin melihat pemandangan alam yang indah, ada juga yang datang untuk berkegiatan di wisata buatan, ada juga yang datang karena festival,” kata Emil. (B-002)***