Jokowi : Tips Sukses Milenial Memulai Bisnis di Industri Kreatif

12

DI era modern, peluang untuk bisa menjadi sukses kini semakin mudah diraih. Asal ada kemauan dan tekad yang kuat, seseorang bisa mencapai keberhasilannya. Seperti halnya melalui ekonomi kreatif digital, yang kini banyak digandrungi kaum milenial untuk membuka usaha di bidang yang mereka sukai.

Deputi Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkari, mengatakan ada lima sektor yang memiliki peluang untuk meningkatkan ekonomi di Indonesia saat ini. Diantaranya sektor film, animasi, game, aplikasi, dan musik.

Dari kelima sektor itu, Hari mencontohkan pihak yang telah meraup banyak keuntungan dalam bidang ekonomi kreatif digital, seperti Gojek dan BukaLapak.

Dalam acara Hatta Talk yang diselenggarakan di Museum Bank Indonesia, Hari mengatakan di era teknologi, kini bukan hal yang mustahil untuk mengejar kesuksesan melalui bidang kreatif. Namun kunci sukses bukan hanya modal uang dan infrastruktur, Anda juga harus memiliki persiapan yang matang. Diantaranya memperkokoh karakter diri.

Hari mengatakan, karakter dalam pengusaha itu merupakan modal utama yang perlu dibentuk. “Kita (dalam usaha digital perlu) ketekunan. Karena bagi saya, tidak perlu orang genius untuk menjalani usaha ekonomi digital ini, orang yang punya ketekunan luar biasa, dan produktif, dia yang bisa sukses,” ujarnya di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Sabtu (1/2).

Kemudian, tips yang harus dijalani berikutnya ialah membuat usaha digital yang bermanfaat dan memberikan solusi bagi orang banyak. “Kalau punya niat baik, kalau produk kita bermanfaat dan dibutuhkan orang lain, produk itu akan dibeli. Kuncinya itu. Jadi jangan bikin produk yang suka-suka kita, tapi buat produk yang bisa menjadi pemecah salah satu masalah.”

Setelah itu, miliki keunikan dari jenis usaha yang ingin Anda tekuni, agar usaha Anda dapat bersaing dan diminati banyak orang. “(Contohnya) Membuat game yang memiliki kearifan lokal, jangan mengikuti yang sudah ada, sulit kita bersaing.” (C-003/BBS)***