Kaleidoskop 2019: Regulasi IMEI, Hujan Meteor hingga Ponsel Kamera 108MP

18
Kaleidoskop 2019: Regulasi IMEI, Hujan Meteor hingga Ponsel Kamera 108MP

INILAH beberapa peristiwa penting yang terjadi di dunia teknologi sepanjang Juli-Desember 2019. Dimulai dari gerhana matahari total pada Juli 2019, dialnjutkan lahirnya sistem operasi Huawei, hujan meteor perseid, disahkannya regulasi IMEI, serta lahirnya ponsel premium seperti Galaxy Note 10 dan iPhone 11.

Kali ini, BB akan membahas lebih lanjut mengenai peristiwa penting sepanjang Juli-Desember 2019, yang terangkum dalam Kaleidoskop 2019.

Juli

Pada pertengahan tahun, beberapa vendor smartphone semakin giat meluncurkan ponsel terbarunya di Indonesia. Beberapa ponsel yang dirilis pada Juli 2019 di antaranya yakni Galaxy A60, realme X, dan Vivo S1.

Pada awal Juli 2019, fenomena langka gerhana matahari kembali menyambangi bumi. Peristiwa tersebut dapat diamati di Samudra Pasifik dan Amerika Selatan.

Agustus

Pada Agustus 2019, Huawei mulai merilis sistem operasi miliknya sendiri yakni OS Harmony. Huawei juga mencoba mandiri setelah masuk daftar entitas yang oleh Pemerintah AS dan tidak diizinkan untuk bekerjasama dengan perusahaan teknologi seperti Google.

Pada 12 hingga 13 Agustus terjadi fenomena hujan perseid, sayangnya hujan meteor lebih sedikit dibanding tahun lalu. Sementara itu, beberapa ponsel terbaru juga rilis seperti Oppo K3, Vivo Z1 Pro dan Galaxy Note 10.

September

Pada September 2019, Sony Walkman ulang tahun ke-40. Untuk merayakannya, Sony merilis perangkat tersebut lebih modern dan memiliki kapasitas memori hingga 16 GB. Beberapa ponsel juga meluncur di bulan ini seperti realme 5 dan 5 Pro.

Pada 20 September, ponsel yang ditunggu oleh pecinta iPhone juga meluncur secara global. Apple melahirkan tiga varian iPhone terbaru yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Oktober

Oktober 2019 menjadi sejarah baru dalam upaya memerangi ponsel black market di Indonesia. Pemerintah melalui tiga Kementerian yakni Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informasi mengesahkan regulasi IMEI. Regulasi ini akan melalui tahap sosialisasi selama enam bulan dan diterapkan pada April 2020.

November

Bukan ini, NASA memberikan peringatan akan ada asteroid besar yang melintasi bumi. Asteroid memiliki ukuran sebesar 610 meter (2.000 kaki) dan disebut-sebut lebih besar dua kali daripada Menara Eiffel di Paris, atau enam kali lebih besar dari lapangan sepak bola.

Di sisi lain, pada bulan yang sama WhatsApp akhirnya resmi merilis fitur terbarunya, Group Permission. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memutuskan siapa yang dapat menambahkannya ke grup WhatsApp. Hal tersebut membuat penggguna tidak lagi ditambahkan pada obrolan grup tanpa persetujuan mereka.

Desember

Akhirnya, iPhone 11 series resmi dirilis di Indonesia. Selain itu, ponsel lipat milik Samsung Galaxy Fold juga hadir di Indonesia. Di sisi lain, Xiaomi meluncurkan ponsel entry level miliknya menjelang akhir tahun yakni Redmi 8 dan 8A.

Berita mengejutkan juga datang dari, YouTuber PewDiePie yang mengumumkan bahwa dirinya akan rehat pada 2020. (C-003/AHL)***