Kecamatan Arcamanik Gelar MUSRENBANG

21

Pimpinan dan masyarakat kecamatan Arcamanik Bandung menggelar MUSRENBANG di kantor Kecamatan Arcamanik, pagi tadi. Beberapa permasalahan seperti pendidikan, banjir, air bersih, sampah, dan saluran air menjadi program prioritas yang akan diajukan ke musrenbang tingkat Kota Bandung.

Camat dan perwakilan masyarakat Arcamanik berkumpul di kantor Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, rabu pagi, dalam MUSRENBANG yang diselenggarakan setiap tahun. Menurut Camat Arcamanik, Firman Nugraha, MUSRENBANG ini digelar untuk mendapatkan masukan hingga aspirasi dari stakehoulder dan masyarakat tentang kebutuhan atas permasalahan di lingkungan masing-masing. Setelah diinventarisasi, dari 4 Kelurahan dan 53 RW di Arcamanik, ada setidaknya 300 usulan, yang disusun skala prioritasnya menjadi 171 kegiatan untuk disampaikan dalam MUSRENBANG tingkat kota. Program prioritas tersebut diantaranya pendidikan, karena dari 3 kelurahan di Arcamanik, hanya satu yaitu sukamiskin yang memiliki SMP Negeri. Kelurahan lainnya yaitu Cisaranten Kulon dan Cisaranten Endah pun mengharapkan hadirnya SMP Negeri, agar mereka tidak kesulitan dengan adanya sistem zonasi. Selain itu, permasalahan banjir pun menjadi prioritas. Menurut Firman, ada tiga titik banjir tahunan di Arcamanik yaitu Cingised, Bojong Awi, dan Perluasan. Tak hanya itu, masalah air bersih, sampah, dan saluran air juga menjadi prioritas yang akan diajukan dalam MUSRENBANG Kota Bandung.

MUSRENBANG ini dihadiri semua komponen perwakilan masyarakat mulai dari RT, RW, Karang Taruna, MUI, Puskesmas dan lain-lain. Selain itu, hadir pula setidaknya 15 hingga 20 OPD dari Kota Bandung, yang hadir untuk menyosialisasikan program mereka ke masyarakat. Tak hanya itu, masyarakat pun dapat menyampaikan permasalahan mereka ke OPD yang hadir tersebut.

Budi Hartati, Bandung Tv.