Keindahan Hutan Pinus Darmacaang Lahan Bekas Penangkaran Rusa  

87

Secara administratif kawasan wisata hutan pinus Darmacaang berada di wilayah Dusun Sorok, Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.Hutan pinus ini merupakan salah satu destinasi wisata alam di kaki Gunung Syawal. Aksebilitas menuju lokasi dari pusat Kota Ciamis  hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit  sejauh kurang lebih 16 kilometer dengan kontur jalan cukup landai, bisa dilalui oleh  kendaraan roda dua maupun empat. Pengelolaan kawasan hutan pinus dilakukan oleh pihak Perhutani bersama masyarakat setempat. Para pelancong yang datang ke obyek ini , didominasi muda mudi  dari  sekitar Ciamis,seperti Banjar,Tasikmalaya dan Garut, namun adapula yang datang dari Bandung.

Daya tarik utama kawasan pinus Darmacaang terletak pada  lebatnya tegakan pohon pinus di kawasan ini yang berusia puluhan tahun dengan lingkar batang pohon cukup besar. Kepada Mandalawangi , umumnya para pelancong mengaku sangat menggemari keadaan alam yang masih alami dan menikmatinya dengan berbagai aktivitas. Aktivitas favorit , selain menikmati pesona alam khas pegunungan sambil menghirup udara segar, juga dijadikan saran berfoto , karena cukup banyak spot instagramable  ada di sini. Bahkan tidak jarang dijadikan tempat lokasi favorit pasangan yang akan menikah untuk melakukan sesi foto prewedding yang banyak dilakukan calon penganten pada akhir pekan.

Fasilitas pendukung wisata disini cukup lengkap. Untuk kebutuhan isi perut pengunjung, di seputaran kawasan  cukup banyak penjual makanan dan minuman  dengan harga terjangkau. Sarana parkir, toilet serta sarana ibadah disediakan pula oleh pihak pengelola. Sejuknya udara dan pemandangan indah menjadi salah satu daya tarik hutan yang berada di kaki Gunung Sawal ini.Selain kaum muda-mudi, pelancong yang datang bersama keluarga pun t cukup banyak. Anak anak bisa melakukan permainan permainan di bawah rindangnya pohon pinus.Orang tua bisa mengamati kegiatan anak-anaknya sambil duduk di tikar yang bisa disewa dari pengelola.

Selain tikar, hammock atau tempat tidur gantung bisa disewa pula dari pihak pengelola seharga Rp 10.000. Harga sewa tersebut tidak dikenakan tengat waktu,  jadi bisa menggunakan sepuasnya.Di objek wisata ini bisa berkemah, tersedia tempat khusus untuk mendirikan tenda. Setelah berkemah, usahakan bangun pagi  untuk menikmati udara sejuk pegunungan dan embun pagi yang menyegarkan . Awalnnya tempat ini merupakan tempat penangkaran rusa. Padahal, jika sebagian lahan masih dijadikan lokasi penangkaran rusa , akan menjadi daya tarik lain  para pelancong, selain menikmati panorama alam. (E-001) ***