KEMERIAHAN POJOK NJP NGUBARAN MENGHIBUR SECARA VIRTUAL

8

BISNIS BANDUNG –  Indonesia sangat kaya akan budaya dengan nilai-nilai luhur serta memiliki adat istiadat setiap daerahnya. Tapi untuk sekarang, lantaran aktivitas di luar ruangan menjadi sesuatu yang sulit dengan merebaknya pandemi Covid-19, maka ruang kreasi penggiat seni budaya menjadi terkungkung. Tap pelak lagi platform digital menjadi Iebih banyak digunakan  mengisl waktu di media sosial seperti  facebook, instagram, youtube dan Iainnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat  baru-baru ini mengeluarkan Surat Edaran Gubernur tentang melarang segala bentuk perayaan tahun baru yang memicu kerumunan massa baik indoor maupun outdoor. Di sini  masyarakat diminta untuk membatasi aktivitas menghindari kerumunan, dan masyarakat diharapkan tetap di rumah saja pada saat malam pergantian tahun baru demi untuk menekan potensi penularan Covid 19.

Menyikapi kondisi tersebut, “Coklat Kita Pojok NJP Ngubaran” menampilkan tayangan special tahun baru dengan tema “Hayu Urang Move On 2021” yang ditayangkan di Youtube Channel NAPAK JAGAT PASUNDAN OFFICIAL dan IGTV @NAPAKJAGATPASUNDAN pada Hari Kamis, 31 Desember 2020  pukul 19.30 wib, yang memberikan penampilan spesial dari seniman dan musisi Jawa Barat seperti Doel Sumbang, Budi Cilok, Calung NJP (Aman, Amin, Aep Bancet) feat Ohang, Alay Elissa ”Bintang Pantura 1”, Ega Robot Ethnic Percussion, Dodi Kiwari dan Tari Topeng Barong Sanggar Putra Jayabaya Cirebon yang di balut dengan sketsa drama dan komedi.

Acara tersebut mendapat perhatia awak media menyaksikan langsung taping program spesialnya Pojok NJP Ngubaran yang merupakan tayangan penutup dari Program Pojok NJP Ngubaran di tahun 2020 di studio Denny Minuz Production di kawasan Bojong Koneng Atas Cikutra Kota Bandung.

Kang Ohang selaku seniman/ musisi Jawa Barat mengungkapkan kegiatan virtual pojok NJP ini ada suatu makna baru antara bangga dapat terlibat pada kegiatan, namun merasa sedih   karena suasananya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dengan panggung-panggung secara off air. Kini  berganti secara virtual dikarenakan pandemi.

“Saya selalu senang dengan calung hingga sekarang, karena merupakan seni awal yang saya lakukan sebelum  jadi seniman, ” tutur Kang Ohang.

Sementara Alay Elissa “Bintang Pantura 1” selaku Talent Pojok NJP Ngubaran “Hayu Urang Move On 2021” mengatakan kalau kegiatan ini sangat spektakuler dari dulu hingga sekarang dan tidak lupa dengan pengembangan budaya Jawa Barat itu sendiri.

“Semua seniman kumpul di sini bersama coklat kita saling silaturahmi dan aku disini merasa reunian bisa ketemu dengan seniman-seniman senior Kang Doel, Kang Ohang, Kang Ega Robot dan kawan-kawan serta kita disini bersatu dan berkumpul untuk berkarya kembali sehingga tidak menyerah dan terus bersemangat meskipun terdampak pandemic sekarang ini, ” ucapnya.

Diharapkan program Pojok NJP Ngubaran ke depan tetap dapat memberikan informasi dan  edukasi bagi  masyarakat Jawa Barat khususnya dan bangsa Indonesia umumnya. Sebab kalau bukan kita yang melestarikan dan mewariskan kepada anak cucu  kelak lalu siapa lagi.? Hayu Urang Move on dengan resolusi di tahun mendatang serta tetap merawat dan melestarikan budaya nasional.(E- 009)***