Kepulauan Mentawai, Wisata Serba Ada di Sumatera barat

241

Secara administratif, Kepulauan Mentawai masuk dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat. Meskipun harus menempuh jalur laut yang cukup panjang, destinasi yang memiliki julukan Bumi Sikerei ini memiliki potensi wisata yang besar. Ada alam yang masih asri dan beberapa titik selancar dengan skala internasional. Berikut fakta-fakta tentang potensi Kepulauan Mentawai.

1. Didiami Suku yang Menjaga Adatnya

Di kepulauan ini hidup suku yang masih mempertahankan budayanya dengan kuat. Salah satunya adalah tato tradisional yang menggunakan peralatan serba tradisional, prosesnya pun masih menggunakan kayu yang diruncingkan kemudian dipukul secara bertahap. Tato bagi suku mentawai memiliki makna tersendiri. Salah satunya adalah lambang anak panah yang melambangkan cara bertahan hidup suku Mentawai. Biasanya gambar tersebut dimiliki oleh sikerei (dukun adat).

2. Spot Surfing yang Mendunia

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Mentawai memiliki gulungan ombak yang banyak diminati oleh peselancar dunia. Pada tahun 2016 kepulauan ini menjadi tuan rumah untuk kompetisi surfing kelas dunia bertajuk Mentawai Pro. Tujuh dari jumlah total titik surfing yang berjumlah 71 adalah bagian dari sepuluh titik surfing terbaik di dunia.

3. Ditetapkan Menjadi Cagar Biosfer oleh UNESCO

Letaknya berada di Pulau Siberut, kurang lebih berjarak sekitar 155 km dari Kota Padang. Hutan yang masih alami dan hewan langka yang hidup di sini, menjadikan Mentawai ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO. Setidaknya terdapat empat satwa endemik seperti bokkoi, lutung mentawai, lilou, dan simakobu yang hidup di kepulauan ini.

4. Terdiri dari Empat Pulau Induk

Kepulauan Mentawai terdiri dari tiga pulau induk dengan ukuran yang cukup besar. Yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan. Masing-masing pulau memiliki panorama alam yang masih asri dan terjaga. Beberapa spot surfing yang mendunia juga terbagi dalam empat pulau tersebut.

Meskipun lokasinya cukup jauh diakses, Mentawai memiliki potensi wisata yang besar. Beberapa video dokumenter sering menjadikan budaya adat suku Mentawai sebagai materi yang menarik untuk dipelajari. Hingga perairan dengan spot surfing yang mendunia.