Keraton Sumedang Nyatakan Sikap Terkait Fenomena Kerajaan Baru

435

Ketua Yayasan Nazhir Wakaf, Pangeran Sumedang Raden Luky Djohari Soemadilaga, angkat bicara setelah ramai munculnya beberapa fenomena kebangkitan keraton dan kerajaan baru-baru ini, di beberapa daerah di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Luky Djohari Soemadilaga, di Keraton Sumedang Larang, jalan Prabu Geusan Ulun, Kecamatan Sumedang selatan, Kabupaten Sumedang. Menurutnya, dengan adanya  kemunculan kerajaan dan keraton, memberikan sisi positif dan negatif. Bahwasanya karateristik bangsa ini, asal usulnya dari sebuah kerajaan-kerajaan. Lucky sangat menyayangkan dengan banyaknya kejadian tersebut, khususnya terhadap oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan memanfaatkan situasi dan kondisi yang dapat merugikan banyak pihak. Dirinya khawatir, apabila tidak ada solusi yang baik dan Pemerintah tidak turun tangan, hal tersebut akan menjadi implikasi yang berimbas bagi keraton-keraton yang sudah ada, dan diakui pihak Pemerintah.

Untuk itu, dengan kejadian tersebut, menjadi momentum bagi pemerintah, hadir memberikan suatu ketegasan sikap melalui sosialisasi, dan informasi tentang adanya keraton-keraton yang sah di seluruh Indonesia. Kerajaan Sumedang Larang, merupakan  salah satu kerajaan islam yang berpusat di tatar Pasundan, tepatnya di Kabupaten Sumedang. Kerajaan tersebut, sudah berdiri sejak abad ke 8 masehi.

Diki Guntara, Bandung Tv.