Ketersediaan Bawang Putih Di Kab.Bandung Aman Sampai Maret

12

Masyarakat Kabupaten Bandung, diminta untuk tidak resah dan khawatir terhadap stok bawang putih yang kini semakin langka, akibat kebijakan Pemerintah Pusat menghentikan impor sementara dari China. Dihentikannya impor tersebut, dinilai sebagai biang harga bawang putih yang semakin mahal.

Kepala DISPERINDAG Kabupaten Bandung Popi Hopipah mengatakan, stok bawang putih untuk Kabupaten Bandung hingga maret 2020 masih tersedia, terlebih stok bawang putih di Kabupaten Bandung, terbantu oleh produk lokal. Sebagaimana diketahui, harga bawang putih pada dua hari sebelumnya, mencapai kisaran 62 ribu rupiah per kilogramnya.

Menurut Popi Hopipah, jika mahalnya bawang putih diakibatkan distopnya impor dari China oleh Pemerintah, langkah yang dilakukan Pemerintah cukup positif karena dinilai mengedepankan sisi kewaspadaan dalam mengantisipasi menyebarnya virus corona masuk ke Indonesia.

Kebijakan tersebut digulirkan Pemerintah, karena khawatir sifat penyebaran virus corona bisa melalui makanan, meski sampai saat ini penyebaran virus corona diketahui baru bisa ditularkan melalui kontak fisik dan udara.

Pemerintah meminta agara pelaku importir dan distributor bawang putih dari China, tidak memanfaatkan kesempatan dengan menaikkan harga bawang putih melambung tinggi.

Rezytia Prasaja, Bandung TV.,