Komitmen Ridwan Kamil, Pada 2021 Masalah Sampah Plastik Selesai

1

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen, pada tahun 2021 masalah sampah plastik di Indonesia, Jawa Barat khususnya dapat terselesaikan. Komitmen tersebut diucapkannya, usai meninjau pabrik yang memiliki teknologi mengubah sampah plastik menjadi botol air mineral, di Batujajar Kabupaten Bandung Barat, dengan sistem sirkular ekonomi.

Melihat pengolahan sampah plastik menjadi botol air mineral siap pakai di salah satu pabrik di Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menyatakan apresiasinya. Menurutnnya, teknologi dengan sistem sirkular ekonomi tersebut memberi semangat, bahwa sampah plastik bisa didaur ulang dan dijual kembali ke industri yang membutuhkan botol plastik air mineral. Sistem daur ulang sampah plastik tersebut pun dinamakannya sirkular ekonomi, karena semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut akan mendapatkan keuntungan ekonomi. Ridwan kamil pun berkomitmen, pada 2021, masalah sampah plastik bisa selesai dengan sistem sirkular ekonomi, agar indonesia tidak lagi dibully karena banyak sampah plastik di lautan.

Proses daur ulang sampah plastik tersebut pun memanfaatkan aplikasi bernama octopus, yang dapat diunduh masyarakat JABAR. Ridwan kamil pun mendorong agar masyarakat JABAR memilah sampah organik dan anorganik khususnya sampah plastik. Apalagi, berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup Jabar, dalam sehari, jumlah sampah plastik yang dapat didaur ulang mencapai 6 ribu 4 ratus ton di seluruh JABAR.

Budi Hartati, Bandung Tv.

Baca Juga :   Mendulang Untung Dari Kerajinan Tas Kayu