Lahan Bekas Sampah Jadi Pertanian Di Kampung Adat Cireundeu

16

Sebagai wujud cinta tanah air, warga di Kampung Adat Cirendeu di Cimahi bersama TNI dan Polri, mengubah lahan tempat sampah jadi lahan pertanian, lahan tersebut disemprot bios 44 sehingga nantinya jadi subur, saat ditanami tanaman pangan.

Wujud cinta tanah air masyarakat Adat Cirendeu di Kelurahan Leuwi Gajah Kota Cimahi punya cara sendiri mencintai tanah airnya, yaitu dengan mengubah tempat bekas pembuangan sampah menjadi lahan pertanian.

Lokasi bekas lahan pembuangan sampah atau TPA Leuwigajah Cimahi tersebut disemprot dengan bios 44 , agar nantinya lahan menjadi subur ketika ditanami tanaman pangan. Kegiatan yang diprakarsai Dandim 0609 Cimahi, dengan sengaja memilih bekas TPA Leuwigajah dalam memberikan batuan bios 44 tersebut, agar lahan kritis tersebut bisa meningkatkan nilai guna tanah tersebut.

Sementara itu lurah Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. Bahkan kedepannya, lahan bekas sampah akan disulap menjadi tempat wisata, sebab cirendeu sudah dikenal di skala internasional.

Saat ini desa adat cirendeu sudah menjadi wisata budaya, dan kedepannya lokasi tersebut akan dijadikan wisata alam, karena sudah ada gunung dan pemandangan untuk dijadikan tempat wisata seperti yang ada di kawasan Bandung Utara.

Algi Muhammad Ghifari, Bandung Tv.