Longsor Tol, Ratusan Warga Mengungsi Evakuasi Barang

22

Sebanyak 150 warga di Kampung Hegarmanah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman pasca longsor, yang merusak 10 rumah warga, pada rabu siang. Dibantu petugas, warga pun mengevakusi barangbarang yang dapat diselamatkan. Sementara itu, petugas PT Jasa Marga pun kini sudah mengambil langkah, dengan melakukan penyedotan, yang menjadi sumber longsor.

Ratusan warga di Kampung Hegarmanah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, terpaksa harus mengungsi pasca longsor besar yang menerjang kampung tersebut, pada rabu siang. Dibantu petugas kepolisian, warga bahu membahu mengevakuasi barangbarang berharga warga ke tempat yang lebih aman. Titik longsor dari bukit atau tepatnya di samping ruas  Tol Purbaleunyi kilomter 118, longsoran tanah dengan lebar 15 meter sepanjang 1 kilometer tersebut, telah merusak sedikitnya 10 rumah warga, kemudian menimbun areal sawah dan kolam milik warga. PT Jasa Marga selaku pengelola ruas Tol purbaleunyi angkat bicara terait masalah tersebut. Penyebab longsoran tanah diduga adanya saluran air di bawah ruas tol purbaleunyi, tersumbat. Akibat beberapa hari sebelumnya diguyur hujan. Kondisi membuat tanah labil, sehingga terjadi logsor dan menerang rumah warga.,

Saat ini Petugas dari Jasa Marga, telah mengerahkan alat untuk melakukan penyedotan di lokasi genangan air yang tersumbat. belum diketahui pasti, penyedotan genangan air yang tersumbat tersebut akan selesai. Namun warga dihimbau agar menjauh dari lokasi. karena pergerakan tanah, masih labil. sementara itu arus lalu lintas di km 118 tol purbaleunyi jalur Bandung menuju Jakarta, tetap bisa dilalui namun hanya satu jalur.

Algi Muhammad Ghifari, Bandungtv.