Mampu Mengusir Kapal Cina Di Natua Keberanian TNI AL Menjaga Kedaulatan Negara

707

BISNIS BANDUNG – Menlu AS  Mike Pompeo memuji keberanian  Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengusir kapal Cina dari Natuna Utara.  Mike Pompeo menilai kekuatan maritim Indonesia  (TNI AL) berhasil menanggulangi kekuatan Cina di Natuna Utara.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo beberapa waktu yang memuji keberanian Indonesia mengusir Cina dari Natuna Utara. “Banyak negara yang menolak klaim Cina mengenai sejumlah bagian dari LCS. Ini jelas dan berani termasuk yang dilakukan Indonesia sebagai subyek di dalam Asia dan Amerika Serikat. Pompeo menegaskan, pihaknya memuji kekuatan maritim Indonesia dalam hal ini TNI AL berhasil menanggulangi kekuatan Cina di Natuna Utara.

“Ini sebagai contoh kekuatan maritim (TNI AL-red) dalam menjaga kedaulatan negara di Kepulauan Natuna.Saya menantikan untuk adanya kerja sama dalam cara-cara baru, untuk memastikan keamanan maritim dengan melindungi salah satu jalur perdagangan yang sibuk di dunia ini,”  ujar Pompeo.

Dirinya berharap Indonesia segera menjalin kerjasama lebih jauh dengan AS dalam stabilitas regional.

Ada Lonjakan Covid-19 Kerumunan di Bandung Harus Segera Dievalusai

Diperoleh keterangan yang menyebut ,  klaim Nine Dash Line China merenggut sebagian ZEE Indonesia di Natuna Utara. Bahkan kerap kapal Coast Guard China ditemani Fregat dari PLA Navy mangkal di sana.

Terkait hal ini TNI AL sebagai penjaga kedaulatan Indonesia di laut mengerahkan KRI-KRI nya untuk menghalau kapal Cina. Bulan Maret 2020 lalu PT PAL diberi tugas oleh Kementerian Pertahanan Indonesia agar segera mengembangkan dan membuat kapal perang fregat Iver senilai Rp 1,1 triliun. Pembuatan ini akan dibantu oleh Odense Maritime Technology (OMT) yang akan melakukan Transfer of Technology (ToT) ke PT PAL Indonesia. (B-003) ***