Mantan Kadis PTMPTSP Divonis 1 Tahun Penjara

289

Hakim pengadilan negeri tindak pidana korupsi Bandung menjatuhkan vonis satu tahun penjara, terhadap mantan kepala Dinas Penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu kota Bandung, Dandan Riza Wardana, dan kelima stafnya. Vonis tersebut terkait operasi tangkap tangan kasus pungutan liar bernilai enam puluh tiga juta rupiah.

Sidang vonis kasus pungutan liar di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu satu pintu kota Bandung berlangsung di ruang sidang tipikor, Pengadilan Negeri Bandung, Senin sore. Dalam pembacaan vonis tersebut, hakim menghadirkan seluruh terdakwa yang berjumlah enam orang.

Dalam pembacaan putusan oleh hakim ketua, Tardi, mantan Kepala Dinas Penanaman modal kota Bandung, dandan Riza wardana, bersama lima orang stafnya, yaitu  wawan khaerulloh, Ayi Sundana, Nurkiah, dan dadam damhuri, terbukti secara sah bertindak pidana korupsi secara bersama-sama. Yang memberatkan, yaitu terdakwa yang berstatus aparat negeri sipil tidak mendukung upaya pemerintah dalam memberantas korupsi.

Satu persatu terdakwa dibacakan dakwaan putusan dengan seluruhnya divonis satu tahun penjara, dengan denda 50 juta rupiah. Para terdakwa menerima hasil keputusan hakim. Penasehat hukum terdakwa Dandan, yaitu Efran Helmi Juni mengatakan, kliennya menerima putusan hakim. Dalam kasus tersebut, terdakwa Dandan dan stafnya tidak menikmati uang pungutan liar, karena untuk kegiatan bantuan sosial.

Bukti 63 juta sembilan ratus ribu rupiah akan dikembalikan ke negara. kasus tersebut bermula pada akhir Januari lalu. Tim saber pungli melakukan operasi tangkap tangan terhadap Dandan Riza Wardana, dan menyeret lima staf lainnya, dengan barang bukti 63 juta sembilan ratus ribu rupiah.

yuwana kurniawan, bandung tv.