Mantan Sekda JABAR Iwa Karniwa Di Tuntut Enam Tahun Penjara

17

Sidang tuntutan terhadap mantan sekertaris daerah JABAR, Iwa Karniwa, di gelar di pengadilan TIPIKOR Bandung. Terdakwa, di tuntut enam tahun penjara karena terbukti telah menerima suap sebesar sembilan ratus juta rupiah, dari Neneng Rahmi dan Hendri Lincoln.

Terdakwa Iwa Karniwa, mantan Sekertaris Daerah Jawa Barat, menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri TIPIKOR Bandung. Dalam tuntutan nya, Jaksa Penuntut Umum KPK menuntut terdakwa bersalah dalam kasus pembangunan rencana detail tata ruang, mega proyek Meikarta.

Selain itu, terdakwa juga terbukti menerima uang sebesar sembilan ratus juta rupiah dari Neneng Rahmi selaku KABID PUPR Kabupaten Bekasi dan Hendri Lincoln selaku Kadis PUPR Kabupaten Bekasi. Atas perbuatannya, Jaksa Penuntut Umum menuntut enam tahun enam bulan penjara, dengan denda empat ratus juta rupiah sebsider tiga bulan kurungan.

Perbuatan yang memberatkan terdakwa yaitu, tidak mengakui telah menerima uang sebesar sembilan ratus juta rupiah dari Hendri dan Neneng Rahmi. Sementara itu terdakwa Iwa Karniwa, akan mengajukan pledoi atau pembelaan dalam sidang yang di jalaninya.

Terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal lima, ayat satu tentang tindak pidana korupsi. Sidang akan di lanjutkan pekan depan, dengan agenda pembacaan pembelaan terdakwa.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.