Mantan SEKDA JABAR Iwa Karniwa Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara

15

Mantan Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, menjalani sidang perdana atas dugaan kasus suap proyek Meikarta, di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin siang. Dalam sidang tersebut, Iwa didakwa tentang tindak pidana korupsi, karena diduga menerima suap sebesar 900 juta rupiah atas izin mega proyek Meikarta.

Sidang perdana dugaan kasus suap dengan terdakwa, mantan Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin siang, dengan agenda pembacaan dakwaan dari jaksa KPK.

Dalam surat dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum yang diketuai oleh Yadin, mendakwa Iwa dengan pasal 12 dan 11 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999,tentang tindak pidana korupsi.

Iwa, dinyatakan terbukti telah menerima suap sebesar 900 juta rupiah, atas izin proyek Meikarta melalui Neneng Rahmi, Henri Lincoln dan Waras Warsito anggota DPRD Jawa Barat. Uang tersebut, diberikan agar terdakwa  mempercepat keluarnya persetujuan subtansi dari Gubernur Jawa Barat, atas rancangan perda terkait rencana detail tata ruang dan pengurusan RDTR proyek Meikarta.

Menanggapi dakwaan Jaksa penuntut umum, terdakwa Iwa Karniwa melalui kuasa hukumnya, tidak akan mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan tersebut.

Usai persidangan, Iwa yang mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye, tidak memberikan keterangan apa pun terhadap para awak media terkait kasus yang menjeratnya.   sidang pun akan dilanjutkan Senin pekan depan dengan agenda menengarkan keterangan saksi.