Massa Kaukus Laporkan Dugaan Asn Tak Netral

172

Diduga mendukung salah satu pasangan calon di pemilihan gubernur, aparatur sipil negara dari dinas pendidikan dan dinas perhubungan jabar, dilaporkan ke bawaslu jawa barat.Jika terbukti tidak netral, sanksi hingga pemecatan status asn siap menanti.

Bawaslu jawa barat sudah menerima setidaknya 40 laporan, terkait dugaan aparatur sipil negara yang tidak netral, atau mendukung salah satu pasangan calon dalam pemilihan gubernur jawa barat.

Salah satunya, laporan dari massa kaukus rakyat jabar, bahwa ada oknum asn dari dinas pendidikan dan dinas perhubungan jabar, yang mendukung pasangan calon nomor urut tiga, sudarajat syaikhu.

Laporan tersebut melampirkan bukti berupa puluhan lembar foto salah satu asn yang mengkampanyekan pasangan nomor urut tiga.

Foto tersebut memperlihatkan rombongan salah satu smk di kabupaten cianjur, beserta orang yang diduga kepala sekolah, melakukan gestur yang menunjukkan dukungan kepada paslon.

Di foto yang lain, tampil lelaki menunjukan kalender berisikan wajah cagub nomor urut tiga sudrajat syaiku.

Menurut anggota kaukus jabar sebagai pelapor, temuan tersebut kebanyakan dari dinas pendidikan dan dinas perhubungan jawa barat. Massa kaukus pun siap menghadirkan saksi untuk menindak asn yang nakal.

Sementra itu, menurut komisioner bawaslu jabar, wasikin marzuki, selama pemilihan gubernur jabar, setidaknya empat puluh asn dilaporkan ke bawaslu. Saat ini

Sanksi untuk para asn nakal yang berpihak kepada salah satu pasangan calon, diantaranya dicopot dari  jabatannya, atau ditunda kenaikan pangkat hingga pencabutan status asn.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.