Masyarakat Diharap Tak Lakukan Kegiatan Yang Timbulkan Bencana

13

Masyarakat tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa menimbulkan bencana, seperti menebang pohon seenaknya, membuat rumah di tempat berbahaya, maupun membuang sampah ke selokan. Menurut UU, jika terjadi bencana, bukan hanya pelaku kegiatan tersebut yang terkena dampak, tapi juga banyak orang lainnya.

Ditemui usai temu pimpinan untuk aspirasi masyarakat atau tepas di kawasan Gasibu Bandung, Wakil Gubernur JABAR UU Ruzhanul Ulum menyatakan, untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana, pemerintah provinsi sudah melakukan upaya maksimal, melalui koordinasi dengan berbagai instansi seperti BPBD, tagana dinas sosial serta organisasi seperti wanadri dan lainnya. Dirinya pun berharap, masyarakat waspada bencana, dan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan bencana, seperti menebang pohon seenaknya, membuat rumah di tempat berbahaya, hingga membuang sampah ke selokan.

Menurut UU, frekuensi bencana di JABAR lebih banyak dibandingkan provinsi lainnya. Karenanya kesiagaan terhadap bencana dilakukan secara maksimal. Khusus untuk kawasan Bandung Utara, pemerintah Provinsi JABAR akan mengatur kembali bangunan-bangunan, dan menanam 25 juta pohon di KBU. Hal tersebut salah satunya agar bencana banjir yang terjadi akibat gundulnya kbu dapat diantisipasi.

Budi Hartati, Bandung Tv.