Menikmati Pedesnya Sajian Pedesan Entog Khas Indramayu

232

Jika melakukan travelling atau backpacker selain tempat wisatanya yang dituju, juga kuliner khas daerah tujuan. Salah satunya jika berkunjung ke Indramayu, daerah ini selain kaya  tempat wisata,  juga kaya  aneka kulinernya. Dari Indramayu yang sangat populer adalah mangga harum manis. Ternyata tidak hanya mangga yang melegenda, juga tersedia makanan khas , yakni pedesan entog . Kuliner khas Indramayu ini awalnya hanya disajikan pada acara hajatan di desa-desa,namun kini mulai populer  tidak hanya di daerah asalnya,  di daerah sekitarnya seperti Kota Cirebon  mulai banyak yang menjual pedesan entog . Unggas ini banyak dipelihara warga  Indramayu.

Pedesan entog begitu menggugah selera karena diramu dengan berbagai rempah-rempah seperti kemiri, lengkuas dan lainnya, hingga citarasanya begitu terasa dan nikmat disantap. Jika dilihat sekilas, pedesan entog  tak jauh berbeda dengan gulai. Hanya, makanan ini tidak menggunakan santan, rasa pedasnya, berasal dari cabai segar dan merica, Kedua bahan ini memang cukup banyak digunakan sehingga menciptakan sensasi pedas ketika disantap. Uniknya, rasa pedas bukan hanya dirasakan di lidah, tapi juga  menghangatkan tubuh. Pedesan dimasak di atas tungku kayu bakar sehingga rasanya  lebih nikmat karena matangnya merata. Cara memasak seperti ini juga sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bau amis daging entog.

Satu porsinya berisikan 4-5 potong entog.  Menurut sejarahnya,  pedesan entog  sangat populer dan menjadi makanan favorit masyarakat Indramayu untuk menjamu tamu ketika  hajatan. Kuah pedas yang kental berpadu dengan daging entog yang lembut dan gurih sangat sayang  jika dilewatkan saat bertandang ke Indramayu.

Bagi yang penasaran ingin mencoba kuliner khas Indramayu yang satu ini, anda tidak perlu khawatir  kesulitan untuk mendapatkannya. Saat ini hampir semua kedai makan dan restoran sepanjang jalur Indramayu, menyajikan menu  khas Indramayu yang cukup pedas, segar dan menggugah selera.Salah satu kedai yang diunggulkan oleh penduduk Indramayu i adalah Warung Pedesan Entog Bang Combet di dekat Sport Center Indramayu. Warung Pedesan Entog Bang Combet sendiri buka sejak pukul 10.00 hingga pukul 20.00. Bagaimana dengan harganya? Untuk satu porsi pedesan entog ini harganya  Rp. 15.000,  sudah termasuk nasi. (E-001) ***