Meningkatkan Kreativitas Bisnis di Masa Pandemi

131

SALAH satu keberhasilan dari menjalankan usaha adalah mampu meningkatkan kreativitas. Usaha yang diimbangi dengan kreativitas tidak akan menimbulkan kesan monoton.

Kreativitas tidak hanya dibutuhkan oleh pekerja seni, setiap pekerjaan membutuhkan kreativitas. Terutama di saat pandemi, sebagai pelaku usaha kita harus beradaptasi dengan perilaku konsumen yang berubah dari sebelumnya. Kalangan industri dituntut untuk kreatif dan inovatif terkait pengembangan produk ataupun proses pemasaran agar produk tetap bertahan di tengah pandemi.

Sebagian orang akan cenderung lebih kreatif ketika dalam keadaan terdesak. Mengutip dari berbagai sumber, William Shakespeare dan Isaac Newton menjadi super kreatif semasa wabah pada awal abad ke-17. Pada saat wabah melanda, Newton sekeluarga terpaksa mengurung diri di Lincolnshire dan saat itulah Newton menemukan dasar-dasar teori gravitasi bahkan prinsip-prinsip kalkulus.

Begitu juga dengan Shakespeare yang menulis drama terbaiknya ketika wabah melanda yang menyebabkan seluruh teater di London ditutup. Kondisi tersebut mirip dengan kondisi kita saat ini, yaitu adanya himbauan untuk tetap tinggal di rumah dan pemberlakuan social distancing. Namun, kita tidak perlu berinovasi seperti Newton yang menemukan rumus-rumus. Apa saja hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kreativitas Anda dalam berwirausaha?

  1. Punya semangat untuk menambah ilmu baru

Orang kreatif adalah orang yang mempunyai banyak ide yang bisa diperoleh jika seseorang memiliki pengetahuan. Pengetahuan dan wawasan Anda tentang usaha harus ditambah dari waktu ke waktu. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah membaca, sharing dengan orang lain, atau mengikuti pelatihan dan sejenisnya.

Semenjak pandemi merebak dan adanya perubahan perilaku konsumen menjadi semua serba online dan dari rumah, banyak pelatihan atau webinar yang dilakukan secara virtual. Berbagai komunitas pun telah menyelenggarakan webinar dalam berbagai bidang. Tak jarang pelatihan pun diselenggarakan secara gratis langsung dari ahlinya. Dengan demikian, Anda bisa meng-upgrade kemampuan terhadap bidang usaha yang sedang Anda jalankan dan akan membuat Anda lebih kreatif.

  1. Jangan takut bereksperimen

Kreativitas dan inovasi akan memunculkan peluang usaha baru yang menguntungkan. Namun, inovasi dan ide-ide cemerlang tidak akan membuahkan hasil jika Anda takut untuk mencoba. Jangan takut bermain dengan eksperimen-eksperimen kecil yang sebenarnya dapat membuka kesempatan kita untuk belajar dari kesalahan dan bereksplorasi kembali. Sebagai contoh, jika Anda yang ingin mengembangkan produk baru, maka lakukan eksperimen terhadap produk yang demand-nya saat ini tinggi, seperti produk kebutuhan rumah tangga, produk sanitasi, produk makanan atau minuman herbal.

  1. Jalin relasi dengan orang-orang kreatif

Masih berkaitan dengan poin pertama, bergaul dan menjalin relasi dengan orang-orang kreatif mampu menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan kreativitas. Anda bisa menjalin relasi dengan orang-orang kreatif melalui komunitas-komunitas ataupun orang yang ada di sekitar Anda. Karena adanya pemberlakuan social distancing, Anda bisa memanfaatkan jejaring media sosial untuk bergabung dengan komunitas. Bergaul dengan orang yang memiliki latar belakang yang sama akan menambah hasrat atau passion Anda terhadap hal tersebut. Manfaatkanlah waktu bersama mereka untuk saling bertukar pikiran, menggali ide, menuangkan ide, ataupun meminta kritik dan saran. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan inspirasi ataupun gagasan baru.

  1. Peka terhadap lingkungan sekitar

Meningkatkan kreativitas juga bisa dilakukan dengan lebih memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Mulailah untuk terbiasa peka dan memperhatikan secara detail apa yang terjadi di lingkungan sekitar Anda. Jadikanlah apapun yang Anda dengar, lihat, dan rasakan sebagai proses mengembangkan kreativitas. Jangan batasi diri Anda dan mulailah peduli pada lingkungan sekeliling Anda. Selain hal tersebut, cobalah menerima masukan, baik fakta atau informasi lainnya dari orang ada di sekeliling Anda hingga yang bertolak belakang sekalipun. Dengan mendapatkan hal tersebut, barangkali Anda akan menemukan ide atau gagasan baru.

  1. Siapkan buku catatan kecil

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja tanpa kenal waktu. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan buku catatan kecil di dekat Anda untuk menampung ide-ide yang tiba-tiba menghampiri Anda. Ide-ide tersebut bisa saja muncul saat Anda sedang melamun, bekerja, bahkan ketika sedang di jalan. Dengan menuliskan atau mencatat ide-ide yang datang tentunya akan memudahkan Anda untuk mengembangkannya di kemudian hari dan mengantisipasi jika Anda lupa terkait ide yang muncul tersebut.

Meningkatkan kreativitas sangat penting, terutama saat merasa kesulitan dan menghadapi masa sulit seperti masa-masa pandemi yang terjadi saat ini. Cara-cara di atas bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kreativitas Anda tanpa batas. Penting untuk diingat, kreativitas akan meningkat jika Anda tidak lupa untuk have fun, bahagia, dan merasa senang. Agar otak Anda bekerja dengan maksimal, kuasai diri sendiri agar Anda terhindar dari stress ataupun pengaruh-pengaruh negatif. (C-003)***