Menjadikan Bisnis sebagai Gaya Hidup

77

BISNIS BANDUNG — Cara Jitu Menjadikan Bisnis sebagai Gaya Hidup Bisnis adalah sebuah proses. Ketika Anda merangkul proses itu, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak pernah bekerja satu hari pun dalam hidup.

“Jika Anda melakukan apa yang Anda sukai, Anda tidak akan merasa sedang bekerja dalam hidup Anda,” kutipan dari Marc Anthony ini adalah pepatah yang masih berlaku hingga saat ini. Ada fakta sederhana yang tidak dapat dihindari ketika kita menganggap ‘pekerjaan’ sebagai hal yang biasanya tidak menyenangkan. Jika Anda ingin menghindari beban, maka Anda harus mencari cara agar pekerjaan yang Anda lakukan menyenangkan. Tidak sedikit orang yang memilih untuk mengikuti hasrat mereka dan memulai bisnis untuk melakukan hal yang mereka sukai.

Tetapi seringkali gagal untuk diingat adalah bahwa bisnis adalah gaya hidup. Menjadi seorang wirausahawan bukan hanya pekerjaan harian, melainkan cara hidup yang benar-benar baru sehingga Anda harus terbiasa.

Kunci untuk membangun kehidupan bisnis yang kuat adalah menemukan kesenangan dalam prosesnya. Seringkali, pemilik usaha kecil terlalu fokus pada hasil akhir. Tujuan ini mungkin IPO miliar dolar, bisa juga pembelian besar-besaran oleh dana ekuitas swasta, atau mungkin Anda ingin mewaralaba bisnis kecil Anda dan mendapatkan penghasilan pasif dari operasi cabang lain.

Ini Syarat Masuk “Mereka hanya memikirkan hasil akhirnya. Target itu yang memenuhi pikiran mereka,” seperti dikutip melalui Entrepreneurship Life pada Selasa (16/6). Tapi inilah kebenaran sebenarnya: perjalanan membangun bisnis justru memberikan manfaat atau pelajaran terbesar. Bukan tujuan bisnisnya.

Untuk menemukan kesenangan dalam proses berbisnis, cara terbaik adalah dengan fokus pada semua langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan dan kecakapan pribadi saat Anda bekerja sebagai pemilik bisnis.

Baca Juga :   Bom, Pariwisata, dan Investasi

Apa pun tugas yang ada di depan Anda, banggalah dengan kenyataan bahwa Anda menjadi orang yang lebih baik setiap hari. Banggalah dengan capaian harian Anda. Rayakan milestone kecil ini, dan jangan biarkan diri Anda terpikat dengan gagasan untuk mencapai tujuan yang telah lama ditunggu. Karena ketika Anda sampai di tujuan itu, Anda mungkin terlalu sibuk untuk menyadari bahwa Anda telah kehilangan hal-hal yang lebih baik. Bisnis adalah gaya hidup. Ini bukan pekerjaan kantoran yang monoton. (C-003)***