Menjaga Alih Fungsi Lahan

309

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan menutup hotel dan griya pijat Alexis di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Anies Baswedan menyatakan, Alexix ditutup karena masalah perizinan dan terutama karena hotel itu membuka praktik yang menjurus ke prostitusi. Meskipun tindakan tegas gubernur baru itu mendapat tentangan, baik dari dalam pemerintahan maupun organisasi, masyarakat banyak yang mengapresiasi tindakan tegas seperti itu. Yang harus dipikirkan bersama ialah nasib para pekerjanya. Menurut pihak hotel, sekitar 400 orang pekerja harus dirumahkan. Jumlah itu sebagian dari 1.000 orang pekerja.

Itu di Jakarta, di Jakarta. Di Kabupaten Karawang juga terjadi lagi penutupan atau penghentian pembangunan permukiman. Wakil Bupati Katraweang, Jimmy Ahmad Zamakhsyari, datang langsung ke lokasi pembangunan di Desa Bengle, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang. Menurut Wabup Karawang, pembangunan perumahan itu menyakahi aturan.”Saya menduga ada oknum di pemerintahan Kabupaten Karawang  sehingga izin pembangunan perumahan di lahan sawah teknis bisa keluar. Saya yakin, Bapak Bupati tuidak mengetahui halm ini. Masak sih, area persawahan kelas I dibabat habis untuk perumahan,” sergah Jimmy seperti dimuat PR (1/11).

Seperti juga apresiasi terhadap tindakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tindakan yang dilakukan Wabup Karawang juga harus mendapat aprersiasi. Eksekutif dan legislatif Kabupaten Karawang diharapkan memiliki satu kata dalam menjaga alih fungsi lahan di Karawang. Daerah Karawang ditetapkan sebagai lahan penerapan ketahanan pangan Jabar dan nasional. Dalam pada itu, Karawang juga mempunyai daya tarik sangat kuat para investor mancanegara, membangun industri di kawasan itu. Banyak sekali pabrikan yang berlomba mendirikan pabrik dan kawasan industri, baik di selatan maupun di utara.