Menteri PUPR Tinjau Lokasi Longsor Di Km 118 Tol Purbaleunyi

14

Melakukan peninjauan ke lokasi longsor di kilometer 118 Tol Purbaleunyi, di Desa Sukatani, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, senin petang. Basuki menyarankan agar pihak jasamarga membuat saluran air atau drainase  di lahan yang sebelumnya terjadi genangan air, untuk melindungi stabilitas jalan dari rembesan air.

Dengan didampingi dirlantas Polda Jawa Barat, kombes Pol Eddy Djunaedi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PUPR, Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan ke lokasi longsor di Tol Purbaleunyi kilometer 118, di desa Sukatani, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, senin petang.

Lokasi pertama yang dikunjunginya yakni, lokasi yang sebelumnya terjadi genangan air atau lahan yang berdekatan dengan jalan tol arah Jakarta-Bandung yang diduga menjadi penyebab terjadinya longsor. Setelah mengamati kondisi di lokasi tersebut, Basuki pun langsung berpindah meninjau titik lokasi longsor yang berada tepat di sebrangnya, atau lahan yang berdekatan dengan jalan Tol dari arah Bandung menuju Jakarta.

Di lokasi tersebut, Basuki meminta kepada Petugas untuk menjelaskan kondisi lokasi longsor terkini dan penanganan yang telah dilakukan sejauh ini. Kepada awak media, Basuki menjelaskan, penanganan lokasi longsor di Tol kilometer 118 purbaleunyi, terlebih dulu akan difokuskan di lahan yang bersebelahan dengan jalan tol arah Jakarta-Bandung, atau yang sebelumnya terjadi genangan air. Untuk melindungi kondisi jalan, ia menyarankan agar jasamarga membuat saluran air atau drainase, agar tidak terjadi rembesan air. Selanjutnya untuk penanganan di titik lokasi longsor, pihaknya secepatnya akan melakukan penguatan kondisi tebing, baik dengan sistem terasering ataupun bronjong.

Basuki menambahkan, terkait kondisi jalan di Tol kilometer 188 Purbaleunyi, sejauh ini masih aman untuk dilalui. Kendati demikian, pihaknya menyarankan untuk kendaraan bertonase agar ada pengaturan.

Algi Ghifari, Bandung Tv