Modal Otodidak Hasil Karyanya Bisa Menunjang Kehidupannya

26

BISNIS BANDUNG –  Airbrush merupakan salah satu teknik seni rupa yang menggunakan tekanan udara untuk menyemprotkan cat atau pewarna pada bidang kerja,baik pada kanvas,papan,kaca,dinding tembok,plat besi serta media lainnya yang bisa di lukis atau digambar baik bidang datar lengkung maupun bergelombang.

Seperti  dilakukan  Hari , warga  Dusun Gorowong,Desa Cisitu Kecanatan Cisitu Kabupaten Sumedang  yang memiliki bakat seni  secara otodidak. Hasil kreativitanya menggambar  kini dikenal masyarakat, terutama para penggemar otomotif.

Awalnya yang dilakukan Hari hanya sekedar iseng  yang menggambar di tangki bensin motor milik temannya. Dari iseng positif , kini ia banyak menerima orderan menggambar tidak sebatas dari Sumedang, tapi juga dari luar Kota Sumedang. Bahkan , tapilan hasil karyanya , ia sering menjuarai di lomba lomba airbrush di tingkat nasional.
“Ya , pada awalnya iseng menggambar di motor temen, hasilnya Alhamdulillah dari situ banyak yang suka dengan pesanan berbagai motif gambar,”ujarnya di rumahnya sekaligus bengkel kerjanya di Dusun Gorowong Cisitu , Sabtu pekan lalu.

Kebanyakan pesanan gambar datang dari klub otomotive,baik motor,mobil,maupun truk yang ingin di gambar pada bagian body maupun karasori truknya .
Dijelaskan , untuk  motor biasanya full bodi,tangki,jok motor sampe ke bagian mesin motor yang susah dijangkau,tapi kalau mobil  hanya bodi depannya bagian belakang.

Dalam hal berkarya Hari tidak pernah membeda bedakan jenis media yang akan di airbrushnya,bahkan bambu sekalipun pernah digambarinya, berdasar pesanan dari pegawai Pemkab Sumedangyang memesan gambar/foto Bupati dan Wakil Bupati Sumedang di wide atau tirai bambu atau lebih kenal disebut kerei bambu .

Proses pengerjaan airbrush sendiri menurut Hari , bisa sebentar dan lama,tergantung dari tingkat kesulitan gambar maupun medianya.Lama pengerjaan bisa antara dua hari sampai dua bulan. Nilai jual hasil karyanya tergantung pada tingkat kesulitan pembuatannya , antara Rp 200.000  hingga di atas Rp 1 juta. Seperti pesanan dari klub otomotif yang akan mengikuti kontes atau lomba modifikasi , Hari biasa melihat tingkat kesulitannya.

Dari seni menggambar airbrush,Hari bisa meraup keuntungan untuk menunjang kehidupan dan usahanya. Walau karyanya tidak mendapat perhatian pemerintah  desa maupun pemerintah Kabupaten Sumedang .

Hari berharap pemerintah bisa peka terhadap SDM yang ada di daerahnya yang merupakan potensi  dan bisa diunggulkan  dalam bidang ekonomi warga Sumedang.
Cita-citanya , kedepan Hari ingin memberdayakan pemuda di Dusunnya,agar seni menggambar airbrush bisa jadi ciri  Dusunnya dengan wilayah lain di Sumedang. (E-010) ***