Oracle, Bernafsu Akuisisi TikTok

152
Oracle, Bernafsu Akuisisi TikTok

PERUSAHAAN teknologi asal Amerika Serikat (AS) Oracle disebut berhasil mengakuisisi Tiktok. Oracle dikabarkan menjadi salah satu perusahaan pendukung kebijakan Donald Trump.

Menurut Washington Post, Bytedance, sebagai perusahaan induk Tiktok di China akan mengumumkan Oracle sebagai mitra Tiktok di AS dalam waktu dekat.

Sebelumnya Tiktok dianggap sebagai mata-mata pemerintah China. Kekhawatiran itu akhirnya membuat Trump mengumumkan pelarangan Tiktok di AS jika tidak segera dijual ke perusahaan lokal AS. Namun prinsipal Tiktok membantah tuduhan bahwa mereka bukan pihak yang menyalurkan data AS ke China.

Oracle bersaing dengan Microsoft untuk membeli saham TikTok, namun Microsoft menyatakan gagal mengakuisisi Tiktok lantaran perusahaan ByteDance menolak menjualnya. Kondisi ini membuat Oracle menjadi pihak paling potensial sebagai pembeli diberitakan Gizmodo.

“ByteDance memberi tahu kami hari ini bahwa mereka tidak akan menjual operasi TikTok AS ke Microsoft,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan, melansir The Verge, Senin (15/9/2020).

ByteDance dikabarkan memang dalam negosiasi eksklusif dengan Oracle pasca menolak tawaran Microsoft. Namun, Oracle belum memberi tanggapan mengenai hal tersebut.

Penolakan tawaran Microsoft muncul di tengah laporan China lebih suka TikTok ditutup di AS daripada dipaksa menjualnya oleh pemerintahan Trump. Microsoft dipandang sebagai uang besar dalam negosiasi Tiktok AS, dan bahkan bergabung dengan Walmart, raksasa lain dalam penawarannya.

“Kami yakin proposal kami akan baik untuk pengguna TikTok, sekaligus melindungi kepentingan keamanan nasional,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan bahwa mereka telah kalah dalam penawaran tersebut.

“Untuk melakukan ini, kami akan membuat perubahan signifikan untuk memastikan layanan memenuhi standar tertinggi untuk keamanan, privasi, keamanan online, dan memerangi disinformasi.”

Oracle salah satu perusahaan yang bergerak di industri teknologi: software dan programming. Perusahaan ini menyediakan sistem manajemen basis data (database management system), berikut perangkat lunaknya untuk berbagai kebutuhan mulai perkantoran.

Perusahaan ini didirikan pada 1977 dan memiliki markas di Redwood City, California, AS.

(C-003/mik)***