Orang Sehat Tak Perlu Pakai Masker

3

BISNIS BANDUNG- Merujuk pada  standar  organisasi kesehatan dunia atau WHO (World  Health Organization)  bahwa masker hanya untuk orang yang sedang sakit. Oleh karena itu bagi orang yang sehat,  berkaitan dengan merebaknya virus corona, masyarakar tidak perlu panik membeli dan  memakai masker.

“WHO menyampaikan, masker hanya dipakai orang sakit, atau mereka yang merawat orang sakit pernapasan, atau mereka yang berada di daerah-daerah atau unit kerja penuh orang sakit,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil  seusai menggelar Rapat Lintas Sektoral Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Tingkat Provinsi Jabar di Gedung Sate, Selasa (3 Maret 2020).

Di luar kriteria tersebut, Kang Emil meminta masyarakat untuk tidak memakai masker. Selain untuk menjaga stok masker, penggunaan masker yang tidak benar justru meningkatkan risiko terpapar virus.

“Jadi, saya sampaikan ke warga Jabar, jangan panik, jangan beli toko online untuk membeli masker yang sebenarnya tidak diperlukan,” katanya.

“Jangan sampai orang sakit, petugasnya butuh malah tidak ada karena dibeli oleh mereka yang sebenarnya tidak membutuhkan,” tambahnya.

Pada Senin (2/3), Kang Emil sudah mengirim 10 ribu masker ke Kota Depok untuk disalurkan kepada tenaga kesehatan dan layanan-layanan kesehatan.

Kang Emil pun menyatakan, pihaknya akan menindak tegas oknum-oknum yang memanfaatkan isu COVID-19 dengan menimbun masker dan menjualnya dengan harga tinggi.

“Polisi juga sudah ditugaskan untuk mengecek ke pabrik-pabrik masker di Jabar supaya tidak ada penimbunan dan penipuan produk-produk,” katanya seraya menimbau seluruh warga Jabar untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. (B-002)***