Oxbow Cicukang Disesaki Sampah Plastik

22

Oxbow cicukang, yang berada di wiliyah desa mekar rahayu, kecamatan margaasih, Kabupaten Bandung, disesaki dengan sampah sterofoam dan plastik, yang hanyut dari wilayah margahayu. SATGAS Citarum Harum pun berupaya melakukan normalisasi, tujuannya yakni agar tidak terjadi sedimentasi dan banjir.

Dansektor 8 SATGAS Citarum Harum – Kolonel Belyuni Herliansyah menyatakan, SATGAS Citarum Sektor 8 telah mensiasati agar sampah tidak langsung masuk ke bypass sungai citarum, dengan menggunakan jaring yang terbuat dari pipa plastik,agar sampah tersebut bisa berkumpul di satu titik, kemudian bisa terangkut oleh Petugas.

Sampah sudah ditangani SATGAS Citarum Sektor 8 dengan melakukan pengerukan serta pelebaran oxbow, agar laju air bisa kembali normal. Sebelumnya,arus air yang ada disungai cicukang tidak jalan,karena terhalang tumpukan sampah. Selain melakukan pengerukan sampah, SATGAS Citarum Sektor 8 juga melakukan penanaman bibit vertifer di bantaran sungai cicukang, agar tidak terjadi longsor.

Dansektor 8 Citarum Harum menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang samppah ke sungai, juga mengajak masyarakat agar bisa menjaga keindahan sungai citarum.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv.