Pada Surat Edaran Komnas PA Kata Anjay Terkandung Dua Makna

7

BISNIS BANDUNG – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menerbitkan surat edaran yang membahas tentang penggunaan kata Anjay. Surat edaran tersebut memancing berbagai komentar pro dan kontra warganet di dunia maya.

Surat tersebut membahas tentang penggunaan kata Anjay yang harus dilihat dari berbagai sudut pandang, makna, dan tempat.

Salah satu makna kata ini digunakan sebagai kata pengganti ucapan salut dan makna kagum sebagai bentuk pujian serta tidak mengandung kekerasan dan bullying. Jika makna yang digunakan adalah makna positif maka tidak akan menimbulkan rasa sakit hati atau kerugian lainnya.

Namun, makna lain dari kata anjay adalah makna negatif. Jika kata Anjay digunakan untuk merendahkan martabat seseorang, maka istilah tersebut adalah salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pidana. Ini sesuai dengan  UU RI No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

“Oleh sebab itu, harus dilihat perspektifnya karena penggunaan istilah Anjay sedang viral di tengah-tengah pengguna media sosial dan anak-anak. Lebih baik jangan menggunakan kata Anjay ayo kita hentikan sekarang juga,” dikutip dari rilis yang dipublikasikan pada 29 Agustus itu.***