Pantai Kuta Lombok, Kisah Pilu Putri Mandalika Terjun ke Laut

380

Hamparan pantai cantik danalami menjadi salah satu faktor utama yang menjadikan Pulau Lombok semakin mendunia. Hamparan pantai di semua bagian Pulau Lombok memiliki keindahan yang luar biasa.

Mulai dari Pantai Senggigi Lombok Barat sampai Pantai Kuta Lombok Tengah. Pulau Lombok memang memiliki pesona yang mampu menggaet, mendatangkan dan meningkatkan penda­patan asli daerah dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Kuta di Lombok sering diidentikkan dengan pantai yang paling terkenal di Pulau Bali yang juga namanya sama , yakni Kuta.

Dari Kota Mataram, Pantai Kuta Lombok berjarak sekitar 72 kilometer ke arah tenggara, bisa dicapai sekitar 90 menit perjalanan. Lokasi tepatnya terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer.
Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit bernama Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika.

Putri Mandalika yang melompat ke laut dari bukit ini untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. Sekarang, bukit ini menjadi tempat paling tepat untuk menikmati pemandangan Kuta dari ketinggian.

Pantai Kuta Lombok memiliki pasir pantai berwarna putih yang sangat halus dengan air laut yang jernih, hingga Anda bisa melihat pemanda­ngan bawah lautnya.Wilayah pantainya sangat aman untuk melakukan kegiatan air, seperti mandi atau berenang.

Bagi yang suka olahraga air, juga tersedia fasilitasnya, antara laini banana boat, windsurfer dan jetski. Selain menikmati olahraga air dan keindahan alamnya, juga bisa melihat upacara bau nyale yang diselenggarakan setahun sekali di Pantai Seger sekitar 2 km sebelah timur Pantai Kuta.

Acara ini diadakan pada bulan Februari dan Maret. Upacara bau nyale merupakan penangkapan cacing nyale oleh masyarakat setempat untuk mengenang kisah putri Mandalika yang diperebutkan oleh tiga pria.

Fasilitas akomodasi di Pantai Kuta Lombok cukup lengkap,karenanya menjadi destinasi favorit pelancong lokal maupun mancanegara . Anda tidak perlu khawatir untuk urusan akomodasi, di sini tersedia penginapan dari yang mewah sampai yang murah.

Aksebilitas menuju lokasi sudah cukup bagus,namun transportasi umum tidak begitu banyak.
Dari Mataram biasanya harus menyewa kendaraan pribadi atau mengikuti paket tour yang banyak ditawarkan oleh operator wisata di sana. Jadi para pelancong tidak perlu takut transportasi menuju lokasimahal, karena harga yang di tawarkan sangat variatif sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh operator transportasi .
(E-001) ***