Pasca Banjir, Sampah Menumpuk Di Sungai Cikeruh

282

Tak hanya menyebabkan banjir saat diguyur hujan deras beberapa waktu lalu, kawasan rancaekek juga terimbas penyumbatan kubikan sampah rumah tangga dan industri, di aliran sungai cikeruh. meski seringkali dikeruk, sampah yang datang dari sumedang, selalu kembali menumpuk dan tersumbat di kawasan tersebut. warga mengeluhkan persoalan yang sudah terjadi bertahun-tahun ini, dan mengharapkan penanganan konkret dari pemerintah.

Sempat dikeruk dan dibersihkan juli lalu oleh dinas lingkungan hidup kabupaten bandung, kubikan sampah kembali menumpuk dan menyumbat aliran sungai cikeruh, di kampung bobodolan, desa rancaekek kulon, kecamatan rancaekek, kabupaten bandung, selasa pagi.

Sampah yang didominasi rumah tangga dan industri ini, sudah kembali menumpuk sejak dua minggu lalu. akibatnya, warga yang rumahnya berdekatan dengan aliran sungai tersebut, merasa tengganggu dengan bau yang menyengat. selain menimbulkan bau tidak sedap saat siang hari, sampah dan air sungai juga kerap meluap dan membanjiri pemukiman warga ketika hujan deras turun.

Menurut warga, atty ardiana, tumpukan sampah ini terbawa dari kawasan sumedang. meski sudah dikeruk beberapa bulan lalu, sampah rumah tangga ini terbawa arus dan kembali menutupi aliran sungai saat hujan kembali turun di kawasan ini, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pemerintah kecamatan rancaekek sudah melakukan berbagai penanganan, dari sosialisasi larangan membuang sampah ke sungai, hingga pengerukan menggunakan dua puluh lima unit truk. selain mengajukan perbaikan jembatan ke dinas pupr, dan pengerukan aliran sungai ke dinas lingkungan hidup kabupaten bandung, pihaknya juga berharap masyarakat memiliki kesadaran diri tinggi tidak membuang sampah sembarangan, agar setelah dikeruk kembali, sampah tidak tersumbat di kawasan tersebut.

Tersumbatnya kubikan sampah di kawasan ini, kerap kali menimbulkan banyak dampak bagi warga sekitar, yang kediamannya berdekatan dengan aliran sungai cikeruh. selain bau, sampah yang tersumbat di bawah jembatan ini juga kerap meluap dan membanjiri pemukiman warga, saat kawasan tersebut diguyur hujan.

Rezytia prasaja, bandung tv.