Pegawai Setwan Jabar Ramai-ramai Jumsih

16

BISNIS BANDUNG – Guna  mengantisipasi genangan  banjir di musim penghujan  dan menjaga kebersihan  baik di dalam  maupun  halaman  gedung  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Jabar  Jalan  Diponegoro Kota Bandung,  sejumlah  pegawai di lingkungan Sekretariat  DPRD (Setwan)  beramai-ramai melakukan Jumat Bersih (Jumsih).

Kabag Umum dan Adminiustrasi Sekretariat DPRD Jabar, Dr.H.Dodi Sukmayana, SH, MM mengatakan  kegiatan bersih-bersih dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, dan diikuti oleh personil di seluruh unit kerja, terutama staf bagian umum, office boy, dan keamanan dalam.

Kegiatan yang dilakukan berupa menyapu, mencabuti rumput liar, membuang sampah dan mencat seluruh kanstin di pekarangan Gedung DPRD Jabar.

Kegiatan  bersama kebersihan itu berlangsung sekira  tiga jam. Tap pelak lagi pada  pukul 11.00 pekarangan Gedung DPRD Jabar sudah  tampak lebih bersih.  Bahkan, cat kanstin yang semula terlihat pudar sudah  tampak terang kembali.

“Kegiatan bersih-bersih halaman dilakukan, agar kita tidak terlampau mengandalkan pihak ketiga dalam hal bersih-bersih,” katanya.

Jadi semua hal yang sifatnya tidak teknis, bisa dilakukan oleh semua orang. Ada baiknya dilakukan sendiri oleh para personil yang biasa beraktivitas di Gedung DPRD Jabar.

 “Yang kita kerjakan dalam jumsih ini adalah pekerjaan pekerjaan yang mudah saja, seperti kegiatan yang baru saja kita lakukan. Untuk hal teknis, tidak sebab ada pihak ketiga yang akan melakukannya,” tutur Dodi.

Jadi untuk hal-hal yang tidak teknis, kalau mudah dan bisa dikerjakan lebih baik dilaksanakan sendiri. “Daripada menunggu dikerjakan pihak ketiga. Pekerjaan dengan menggunakan jasa pihak ketiga itukan butuh waktu. Harus dilelang dahulu, dan sebagainya. Masa untuk sekadar bersih-bersih saja, harus menunggu,” jelasnya.

“Kegiatan bersih-bersih sendiri kantor dan ruang kerja itukan, kegiatan baik. Kegiatan bersih-bersih itu juga adalah budaya Indonesia. Dulu tenar dengan sebutan kerjabakti, gotong royong dan sebagainya. Kalau memang baik, kenapa musti ditinggalkan,” katanya seraya  menambahkan dengan   terlibatnya staf pada kegiatan  kebersihan  Gedung DPRD Jabar, diharapkan akan timbul rasa cinta dan rasa memiliki atas kebersihan dan kenyaman tempat bekerja sebagai pengabdian   masyarakat dan negara. (B-002)***