Pelaku Pariwisata Sangat Berharap dengan Libur Akhir Tahun?

228

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan, para pelaku pariwisata berharap agar waktu libur akhir tahun 2020 bisa segera diputuskan.

Sebab kata dia, libur akhir tahun menjadi harapan pelaku pariwisata untuk kembali menggairahkan sektor pariwisata yang menurun drastis semenjak adanya pandemi virus corona (Covid-19).

“Tetapi memang para pelaku pariwisata di sini sangat betul-betul berharap dengan liburan akhir tahun,” ujar saat mengikuti Rakornas Percepatan 5 Destinasi Super Pariwisata secara virtual, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Wishnutama menyebutkan, tingkat pemesanan hotel untuk bulan Desember 2020 sudah mencapai 80 persen di beberapa wilayah di Bali.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jatah libur akhir tahun dan pengganti cuti Idul Fitri pada Desember dikurangi. Hal itu bertujuan agar masyarakat tak berbondong-bondong pergi berlibur sehingga menyebabkan lonjakan kasus Covid-19.

Instruksi Jokowi itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11/2020).

Nantinya teknis pengurangan jatah libur dan cuti tersebut dibahas oleh Muhadjir bersama para menteri dan kepala lembaga negara terkait dalam sebuah rapat koordinasi. (C-003/Bbs)***

Baca Juga :   99% Logistik PEMILU Sudah Terdistribusikan Ke TPS