Pelatihan Kuliner di Citengah untuk Dongkrak Pariwisata

11

BISNIS BANDUNG –  Sebanyak 20 warga Desa Citengah Kec.Sumedang Selatan mengikuti pelatihan peningkatan karya mandiri bidang kuliner selama hari atau 32 jam.  Usai acara  pelatihan sejak 26 hingga 29 Februari 2020 itu secara resmi ditutup oleh Kepala Disnakertrans  Jabar, M Ade Afriandin,  Sabtu (29/2/2020).

Pelatihan  yang merupakan Angkatan I tahun 2020 di kawasan wisata alam  Desa Citengah Kabupaten Sumedang,  menurut  Ade Afriandi   guna  memudahkan warga sekaligus menjadi bukti bahwa Pemprov Jabar hadir di tengah masyarakatnya.

Dengan adanya pelatihan ini, maka   destinasi wisata Desa Citengah  sangat diharapkan berkembang pesat,  dan  warganya tidak menjadi tamu di daerahnya sendiri.  Lambat laun akan banyak warga  yang bisa berwirausaha, sehingga  perekonomian pun  meningkat.

Kepala Disnakertrans Jabar, M Ade Afriandi mengatakan, dengan usainya pelatihan peningkatan karya mandiri SDM Pariwisata Bidang Kuliner, warga desa akan memiliki kemampuan  yang dapat diandalkan.

Oleh sebab itu, setiap  peserta pelatihan agar terus belajar dan jangan cepat puas dengan ilmu yang telah didapatkan selama empat hari ini.

Ade pun berharap, pihak desa kecamatan dan kabupaten ikut membantu warganya, lebih khsus bagi  peserta pelatihan. Ini penting  supaya perputaran uangnya tidak lari ke tempat lain. Sejahterakanlah masyarakat desanya sendiri.

Warga Desa Citengah mendapatkan  pelatihan karena desanya  memiliki  potensi pariwisata yang baik, alamnya, adat istiadat dan seni budayanya.  Melalui pelatihan diharapkan mampu mendongkrak destinasi wisata.

“Tadi saya dan teman-teman Disnakertrans Jabar datang ke sini dengan motor. Kita tidak lewat jalan biasa, setelah masuk di kawasan Cadas Pangeran kita offroad menyisiri kawasan kareumbi. Kawasan itu bagus untuk offroad,” jelasnya seraya menyebut ini salah satu potensi lain dari desa ini. (B-002)***