Peluang Usaha Dimasa Pandemi Dengan Jalankan Usaha Sayuran Hidroponik

6
Peluang Usaha Dimasa Pandemi Dengan Jalankan Usaha Sayuran Hidroponik

Bisnis Bandung – Dimasa pandemi saat sekarang ini,berbagai usaha masyarakat baik mikro maupun makro bisa dibilang lumpuh.Meskipun ada sebagian yang bertahan itupun dengan mengambil resiko terbesar yang diambil agar bisa berjalan terus usahanya.Dengan cara mengurangi produksi,mengurangi bahan baku ataupun mengurangi jumlah pekerja.

Itu semua merupakan fenomena yang terjadi dimasa pandemi seperti sekarang ini,dan memang banyak jenis jenis usaha masyarakat baik tingkat atas maupun menengah yang gulung tikar alias bangkrut.

Namun keadaan seperti ini tidak menjadi halangan bagi mereka yang memiliki niat maju dan bertahan hidup dengan kondisi seperti sekarang.Di Kabupaten Sumedang tepatnya di Dusun Pamarisen Desa Mekarjaya Kabupaten Sumedang,ada siswa sekolah menengah atas yang berhasil menyalurkan bakat bercocok tanamnya menjadikan peluang usaha dimasa pandemi saat ini.

Fheryy Gunawan melihat kesempatan untuk menyalurkan bakatnya bercocok tanam menjadi ladang usaha baru yang menjanjikan bagi dirinya.Fheryy mencoba menyalurkan bakatnya dengan menanam berbagai macam sayuran hidroponik dengan memanfaatkan lahan yang ada di halaman rumahnya.Mula mula Ia tertarik bercocok tanam karena sering melihat saudaranya ketika bercocok tanam jenis sayuran.Dan Ia pun mulai mencoba mempraktikannya dirumah dengan bantuan dan dukungan kedua orang tuanya.

Pertama Ia menanam sayuran berjenis pakcoy yang dianggap mudah dan tidak terlalu memakan banyak tempat,namun hanya sebentar saja dengan alasan waktu panen yang cukup lama.Kemudian Ia beralih ke tanaman kangkung yang dirasa lebih mudah dan cepat panen hingga sekarang.

Fheryy mengatakan alasan Ia menekuni bercocok tanam jenis sayuran ini,karena selain usaha yang lain baginya ini adalah jenis usaha yang sangat mudah.Selain waktu panen juga cepat,Ia hanya menyediakan lahan dan beberapa tempat saja untuk bisa menanam sayuran jenis kangkung tersebut.

Dari kegemarannya bercocok tanam ini,Fheryy sudah bisa menikmati hasil panen yang Ia peroleh.Dalam waktu 5 bulan Ia sudah bisa memanen tanamannya sebanyak sepuluh kali.Cukup lumayan keuntungan yang didapat dan buat modal kedepannya.

“Awalnya tertarik menanam sayuran ini,saya sering melihat sodara di deket rumah ada yang menanam sayuran,tapi jenisnya pakcoy,saya mulai ikut nanam dan ternyata gak ribet gampang asal kitanya harus teliti dan sabar,”ujar Fheryy dirumahnya Selasa, 16 Maret 2021.

Fheryy juga mengatakan Ia mulai menanam sayuran ini semenjak sekolahnya memberlakukannya pembelajaran sistem daring,sehingga banyak waktu luang buat dirinya menyalurkan hobinya.Sampai saat ini Fheryy masih terus menanam jenis sayuran hidroponik,karena dirasa mudah dalam penanamanya dan tidak perlu membutuhkan banyak lahan.

Meskipun demikian sebagai petani muda dadakan Ia juga tetap mengikuti pelajaran yang diberikan sekolahnya dengan mengerjakan tugas tugas sekolah meskipun dengan sistem daring.Setelah selesai dengan tugas sekolahnya Ia lanjutkan dengan hobinya bercocok tanam.

Dari hasil yang Ia dapat rencananya akan ditabung dan dijadikan modal untuk mengembangkan hobinya kedepan,selain bisa membantu perekonomian keluarga Fheryy juga bisa membantu ketahanan pangan warga di tempatnya,karena banyak yang membutuhkan bahkan juga kadang Ia tidak bisa memenuhi pesanan karena kehabisan.(E-010)