Pembuat Surat Keterangan Bebas Covid-19 Palsu Ditangkap

5

Kepolisian Resor Cianjur, berhasil menangkap pelaku pembuat surat keterangan bebas Covid-19 palsu, yang dijual kepada pengemudi travel gelap. Selain mengamankan pelaku dan barang bukti, polisi juga tengah memeriksa oknum honorer Dinas Kesehatan, yang ikut terlibat dalam kasus ini.

Inilah JAB alias Ibong, pelaku pembuat surat keterangan bebas Covid-19 palsu yang berhasil ditangkap jajaran Sat Reskrim Polres Cianjur. Pelaku ditangkap di rumahnya di wilayah Kecamatan Cianjur Kota, setelah sebelumnya petugas mengamankan sopir travel gelap, yang ternyata menunjukan surat keterangan bebas Covid-19 palsu. Setelah melakukan pendalaman, jajaran Sat Reskrim Polres Cianjur pun berhasil mengungkap adanya praktik nakal pembuatan surat keterangan bebas Covid-19 palsu. Selain pelaku, polisi juga mengamankan barangbukti berupa seperangkat komputer, printer, cap palsu, serta sejumlah surat keterangan bebas Covid-19 palsu, yang sudah dicetak dan siap dijual ke pengemudi travel gelap di wilayah cianjur yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota. Kepada polisi, pelaku mengaku sudah melakukan pemalsuan surat keterangan bebas Covid-19, sejak tiga bulan lalu. Untuk selembar surat keterangan bebas Covid-19 palsu, pelaku menghargainya sebesar lima puluh sampai seratus ribu rupiah kepada pengemudi travel gelap. Agar hasil cetakan surat keterangan sama, dengan yang asli, pelaku bekerja sama dengan oknum honorer Dinas Kesehatan Cianjur, yang diduga telah memberikan soft copy surat keterangan bebas Covid-19.

Selain menangkap JAB alias Ibong, penyidik Sat Reskrim Polres Cianjur juga tengah memeriksa oknum honorer Dinas Kesehatan Cianjur yang terlibat dalam kasus tersebut. Sementara akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 263 dan 268 KUHP tentang pemalsuan dokumen dan surat keterangan dokter palsu, dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

Baca Juga :   Tantangan Alumni  “Sekoper Cinta”  Tangani Kompleksitas Perempuan

Heri Setiawan , Bandung Tv .,