Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

162

Guna mengantisipasi penyakit berbahaya pada hewan kurban, dinas ketahanan pangan pertanian dan perikanan atau dkp tiga kota sukabumi, memeriksa kesehatan hewan kurban. pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kelayakan daging hewan kurban saat dikonsumsi.

Menjelang hari raya idul adha, dinas ketahanan pangan pertanian dan perikanan atau dkp3 kota sukabumi, memeriksa kesehatan hewan kurban di setiap penjual hewan kurban di kota sukabumi, rabu pagi. maraknya penjual hewan kurban musiman, menjadi perhatian khusus dkp3 kota sukabumi. satu persatu hewan kurban jenis sapi diperiksa kesehatannya, meliputi kondisi fisik seperti mata dan gigi. pemeriksaan bertujuan untuk mengantisipasi penyakit yang menyerang hewan kurban, termasuk anthrax.

Dalam pemeriksaan hewan kurban, petugas yang dibantu relawan dari fakultas peternakan institut pertanian bogor, menyatakan tidak menemukan hewan kurban yang tertular penyakit. semua hewan kurban jenis sapi dinyatakan sehat dan aman, sehingga layak  dikonsumsi.

Pemeriksaan akan rutin dilakukan di sejumlah penjual hewan kurban di kota sukabumi, sehingga setiap hewan yang diperjualbelikan untuk kurban, benar-benar sehat dan layak untuk dikonsumsi.

Budi setiawan, bandung tv.