PEMKAB Bandung Olah Limbah Terpadu Gunakan Teknologi 

9

Pemerintah Kabupaten Bandung olah limbah terpadu yang terdapat di instalasi pengolahan air limbah atau IPAL cisirung dengan menggunakan teknologi. Penggunaan teknologi tersebut dilakukan setelah melalui tahap riset selama lima bulan, dan diyakini dapat mengurangi polusi limbah.

Pemerintah Kabupaten Bandung memperkenalkan teknologi baru dalam mengolah limbah, seperti yang diterapkan di instalasi pengolahan air limbah, atau IPAL terpadu dikawasan Cisirung, Kabupaten Bandung. Pengolahan limbah dengan menggunakan teknologi ini dilakukan dengan menggandeng anak perusahaan daerah, PT CBS sebagai operator instalasi pengolahan air limbah, ipal cisirung.

Pemilihan teknologi dalam mengolah limbah dilakukan setelah melalui tahap riset selama lima bulan lamanya, dan diyakini dapat mengurangi polusi limbah cair yang dibuang ke aliran sungai Citarum.

Dengan penggunaan teknologi dalam mengolah limbah terpadu ini, diharapkan dapat menarik sejumlah perusahaan untuk ikut serta mengolah limbahnya menggunakan teknologi.

Selain waktu yang relatif singkat, biaya yang dikeluarkan dalam pengolahan limbah berbasis teknologi ini pun lebih ekonomis dan hasil nya pun cukup memuaskan.

Diharapkan, setelah penggunaan teknologi ini tidak ada lagi perushaan yang membuang limbahnya tanpa pengolahan terlebih dahulu dengan alasan mahalnya biaya pengolahan limbah. Program ini pun sekaligus guna mempercepat program citarum harum.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv.,