Pemkot Bandung Gulirkan Larangan Penggunaan Asbes

28

Pemerintah Kota Bandung menggulirkan larangan penggunaan asbes, sebagai atap bangunan. Larangan tersebut, diatur dalam peraturan daerah atau Perda Kota Bandung, nomor 14 tahun 2018, tentang bangunan gedung. Tujuannya yakni untuk mengurangi dampak bahaya dari penggunaan asbes pada bangunan.

Wakil Walikota BandungĀ  Yana Mulyana mengatakan, penggunaan asbes sebagai material pada bangunan, dapat membahayakan kesehatan. Untuk itu, Pemkot Bandung akan lebih ketat mengatur penggunaan asbes, pada bangunan gedung atau perumahan komersial di Kota Bandung.

Debu yang menempel pada asbes jika terhirup, dapat menyebabkan kanker paruparu dan penyakit abestosis, yaitu penyakit saluran pernapasan akibat menghirup debu serat silikat, yang terdapat pada asbes.

Yana pun menambahkan larangan penggunaan asbes, telah diatur dalam peraturan daerah atau Perda Kota Bandung nomor 14 tahun 2018, tentang perizinan pendirian bangunan dan perumahan komersial. Jika pengusaha tetap menggunakan asbes, maka tidak akan mendapatkan izin mendirikan bangunan.

Namun sejauh ini, pihaknya belum ada sanki bagi bangunan yang telah menggunakan asbes.sanksi tersebut baru akan dikeluarkan melalui peraturan Walikota, yang sedang digodok.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.