Penangkapan Pengedar Uang Palsu Senilai Satu Milliar

25

Unit Reskrim Polsek Padalarang, berhasil menangkap sejumlah pelaku dan  mengungkap kasus pembuatan dan pengedar uang palsu di  wilayah Kabupaten Bandung Barat. Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan uang pecahan dolar yang tercetak dan masih mentah senilai 10 Milliar, sedangkan uang pecahan rupiah senilai 44 juta rupiah. Modus yang dilakukan pelaku adalah membelanjakan uang palsu kepada para pedagang.

Operasi penangkapan terhadap pelaku pengedar dan pencetak uang palsu dilakukan unit reskrim polsek padalarang, dikawasan cimareme, padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Pelaku berinisial UJ, pun tak berkutik saat ditangkap petugas. Setelah melakukan pengembangan, Polisi pengeledahan di rumah pelaku dikawasan Kabupaten Subang. Di rumah tersebut Polisi mendapati uang senilai 39 juta uang palsu dengan pecahan 100 ribu, yang disimpan pelaku di kamar. Dari subang, pengembangan lebih lanjut, Polisi pun menyasar TB, yang tinggal dikawasan pandeglang, dan dari tangan TB, Polisipun berhasil mengamankan uang palsu dalam bentuk pecahan 100  dolar senilai 10 milliar yang tersimpan didalam koper, dan juga daerah di Bintaro Jakarta. Dari penangkapan pelaku, polisi berhasil mengamankan alat pencetak uang.

Kanit Reskrim Polsek Padalarang, IPTU Yasmin Badruzaman, mengungkapakan, modus yang digunakan  para pelaku utnuk mengedarkan uang palsu tersebut,  dengan membelanjakan dan menukarkan uang ke para pedagang di pasar.

Pengakuan salah seorang pelaku, awalnya membuat uang palsu tersebut lantaran terlilit hutang sebanyak 1 milliar enam ratus juta rupiah ,namun keburu tertangkap polisi.

Para pelaku dijerat dengan pasal 244 adan kitab undang-undang hukum pidana (KUHP) dan 245 KUIHP Junto pasal 55 ayat (1) ke 1 (untuk mata uang asing) dengan ancaman hukuman  15 tahun penjara.

Algi Muhammad Gifari, Bandung Tv.